UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 2 KAJORAN KLATEN SELATAN

YULI WIDI HASTUTI, NIM. 14480071 (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 2 KAJORAN KLATEN SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 2 KAJORAN KLATEN SELATAN)
11120090_BAB I_IV-atau-V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MEDIA GAMBAR PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 2 KAJORAN KLATEN SELATAN)
11140025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah diawali pada saat pra observasi dimana guru dalam melaksakan proses pembelajaran belum pernah menggunakan media pembelejaran yang mendukung materi. Berpacu pada nilai Ujian Tengah Semester hasil belajar PKn masih rendah. Oleh sebab itu, peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan media. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana keadaan proses pembelajaran pada saat pra siklus mata pelajaran PKn peserta didik kelas II SD Negeri 2 Kajoran Klaten Selatan? 2. Seberapa besar peningkatan hasil belajar PKn peserta didik kelas II SD Negeri 2 Kajoran Klaten Selatan setelah menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di kelas. Pengambilan data melalui instrumen lembar post test, instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan desain yang dikemukakan oleh Lewin yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observating (observasi) dan reflecting (refleksi). Keadaan proses pembelajaran pada saat pra siklus mata pelajaran PKn peserta didik kelas II SD Negeri 2 Kajoran Klaten Selatan diantaranya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang materi pembelajaran dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, sehingga peserta didik tidak terpacu semangatnya. Hasil penelitian pembelajaran PKn dengan menggunakan media gambar pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar adalah 85,7 dengan kriteria “baik” dan ketuntasan belajar 60% atau 6 peserta didik tuntas. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar PKn adalah 87,5 dengan kriteria “baik” dan ketuntasan belajar 80% atau 8 peserta didik tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, PKn, dan Media gambar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 16:19
Last Modified: 05 Apr 2019 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum