PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DI SDN KADIRESA

WAHYU LESTARI, NIM. 14480076 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DI SDN KADIRESA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DI SDN KADIRESA)
14480076_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA DI SDN KADIRESA)
14480076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal, guru dalam melaksakan proses pembelajaran belum melibatkan peserta didik dan masih berpusat pada guru. Saat melakukan pembelajaran khususnya pembelajaran Matematika 13 peserta didik kurang menyukai dan kurang bersemangat mengikuti pembelajaran. Ada 10 peserta didik yang menganggap bahwa materi statistika materi paling sulit dibandingkan materi yang lainnya. Mereka mengatakan bahwa Matematika materi statistika adalah pelajaran berhitung dengan angka-angka yang besar dan butuh berpikir keras untuk mengerjakannya. Jika sebelum memulai pembelajaran sudah tidak bersemangat maka hasil belajar peserta didik juga tidak bagus. Berdasarkan pre-test yang dilakukan rata-rata nilai peserta didik yaitu 57,36 dengan 7 peserta didik yang memperoleh nilai di atas 75 (KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi statistika kelas 5 SDN Kadiresa. (2) mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi statistika kelas 5 SDN Kadiresa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran di kelas. Pengambilan data melalui instrumen lembar pre test, post test, instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan desain yang dikemukakan oleh Lewin yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observating (observasi) dan reflecting (refleksi). Berdasarkan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan sebesar 57, 36, kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 75,26 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81, 57. Persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal/pratindakan yaitu 36, 84 %, lalu meningkat pada Siklus I menjadi 63, 15 %, dan meningkat lagi menjadi 78,94 % pada akhir siklus II. Sehingga penerapan model Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran Matematika materi Statistika di SDN Kadiresa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Matematika, Statistika, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) .
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:16
Last Modified: 08 Apr 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum