IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA

LISA WIJI ASTUTI, NIM. 14480080 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA)
14480080_BAB-I_-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA)
14480080_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penerapan program yang menunjang di sekolah diperlukan untuk membuat sekolah menjadi sekolah yang bagus. Menumbuhkan minat membaca peserta didik merupakan hal yang baik dilakukan di sekolah. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pernyataan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur yang menyatakan bahwa rendahnya minat membaca di SD Muhammadiyah Condongcatur yang rendah, maka untuk dapat menumbuhkan minat peserta didik, SD Muhammadiyah Condongcatur mengimplementasikan program sekolah yang dilaksanakan untuk menumbuhkan minat peserta didiknya dalam membaca, yaitu program Gerakan Literasi Sekolah yang di canangkan oleh Pemerintah pada tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengungkapkan bagaimana implementasi program gerakan literasi sekolah untuk menumbuhkan minat membaca, dan (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,yaitu penelitian untuk mendapatkan gambaran atau deskripsi tentang implementasi gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari pustakawan kecil kelas IV dan V, wali kelas IV dan V, pustakawan, danKepala Sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program gerakan literasi sekolah untuk menumbuhkan minat membaca di SD Muhammadiyah Condongcatur dilaksanakan dalam tiga tahapan. Yaitu perencanaan program, pelaksanaan program, dan monitoring program. Tahap perencanaan program terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) latar belakang implementasi program, (2) perumusan tujuan program, (3) penentuan tugas, dan (4) anggaran biaya dan pembentukan jadwal. Tahap pelaksanaan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: (1) mendayagunakan struktur sekolah, dan (2) sarana dan prasarana, (3) Strategi pelaksanaan program. Tahap monitoring program yang dilaksanakan dengan: (1) monitoring program dalam rapat Kepala Sekolah dan wakil kepala sekolah, (2) monitoring program dalam rapat rutin guru dan karyawan. Faktor pendukung dan penghambat implementasi program GLS untuk menumbuhkan minat membaca di SD terdiri dari beberapa hal. Faktor pendukung yaitu: (1) Fasilitas-fasilitas yang disediakan, (2) Kebijakan Kepala Sekolah, (3) Belum adanya tenanga pendidik yang mampu mengemas karya peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (1) Minat Baca, (2) Belum semua peserta didik mempunyai kartu perpustakaan, (3) Peserta didik belum rapi dalam menata buku setelah membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd, Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, dan Membaca
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:38
Last Modified: 08 Apr 2019 02:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34399

Actions (login required)

View Item View Item