INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS AL-QURAN YOGYAKARTA

Isna Nur Khoeriyah, NIM. 16204010018 (2019) INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS AL-QURAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS AL-QURAN YOGYAKARTA)
16204010018_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SAINS AL-QURAN YOGYAKARTA)
16204010018_BAB II, III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Integrasi merupakan salah satu konsep yang menjawab permasalahan dikotomi pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia serta dapat menguasai sains dan Islam secara seimbang. Kurikulum adalah unsur tepenting dalam pendidikan, dimana dalam kurikulum itulah segala bentuk kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. SMA Sains al-Quran menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan konsep integrasi yaitu perpaduan kurikulum pesantren dan kurikulum diknas secara bersamaan. Integrasi nilai sains dan al-Quran dalam setiap kegiatan di SMA Sains al-Quran Yogyakarta bertujuan untuk menumbuhkan spirit al-Quran dan jiwa saintis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep dan implementasi integrasi Islam dan sains dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains al-Quran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep Integrasi Islam dan Sains dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Sains al-

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Integrasi Islam dan Sains, Implementasi Integrasi Islam dan sains
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:10
Last Modified: 08 Apr 2019 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34437

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum