IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA SD KELAS V DI SDN JEJERAN PLERET BANTUL

LISA MASRUROH, NIM. 14480149 (2018) IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA SD KELAS V DI SDN JEJERAN PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA SD KELAS V DI SDN JEJERAN PLERET BANTUL)
14480149_BAB I_IV.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI JENIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA SD KELAS V DI SDN JEJERAN PLERET BANTUL)
14480149_BAB II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Matematika mempunyai fungsi penting di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Matematika di SD hendaknya dapat mengembangkan pola penalaran siswa untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan simbol atau gagasan. Secara berkala siswa SD diberikan soal berbentuk uraian untuk melatih penalaran siswa. Kasus kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian masih ditemukan di SDN Jejeran dari taun ke taun. Berdasarkan data tersebut penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu apa saja jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian Matematika, apa saja faktor yang mempengaruhi dan apa saja upaya guru dalam meminimalisasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat penelitian berada di SDN Jejeran Pleret Bantul dengan subjek utama adalah siswa kelas V yang berjumlah 122 siswa. Data pokok penelitian menggunakan lembar jawaban siswa dalam mengerjakan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, data dokumen, dan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan tiga jenis siswa mengalami kesalahan antara lain kesalahan konsep 23%, operasi bilangan 13%, dan kecerobohan 7%. Terdapat dua faktor indikasi penyebab kesalahan tersebut yaitu faktor pengaruh internal meliputi sikap belajar siswa, motivasi belajar, dan daya tangkap siswa terhadap materi pelajaran. Faktor eksternal meliputi perbedaan guru dalam menyampaikan pembelajaran dan lingkungan pergaulan siswa di sekolah. Upaya guru yang telah dilakukan adalah merubah formasi ruang kelas, menambah jam pelajaran, dan melakukan remidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: matematika, identifiasi kesalahan siswa, soal uraian
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:35
Last Modified: 08 Apr 2019 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum