EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 5 MIN 1 BANTUL

SITI ISOFAH, NIM 14480167 (2018) EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 5 MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 5 MIN 1 BANTUL)
14480167_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 5 MIN 1 BANTUL)
14480167_BAB II_S.D_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian berdasar atas rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap pembelajaran matematika kelas 5 MIN 1 Bantul. Hal tersebut menjadi ketertarikan peneliti untuk menindak lebih lanjut permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis melalui penelitian menggunakan model pembelajaran learning cycle 7. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran learning cycle 7e pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 5 MIN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitiannya adalah kelas 5 MIN 1 Bantul. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik purpose sampling. Cara pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes menggunakan jenis tes essay melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji non parametik tes yaitu uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis uji efektivitas Gain score menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,01 0,05. Berdasarkan hipotesis yang sudah dirumuskan maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji Gain score menunjukkan bahwa terdapat selisih nilai Pretest Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selisih hasil kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran learning cycle 7e lebih tinggi dibanding selisih Pretest-Posttest kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran metode konvensional. Dengan demikian model pembelajaran learning cycle 7e lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga dapat dibuktikan secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, learning cycle 7e, berpikir kritis, Matematika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:42
Last Modified: 08 Apr 2019 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum