IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

NONA ISNAWATI, NIM. 14480147 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
14480147_BAB I, BAB V.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT (E-LEARNING) DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
14480147_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Di era globalisasi ini, pengguna internet meningkat dari tahun ke tahun, tidak terkecuali anak-anak. Hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi sekolah dalam menyiapkan output yang mampu bersaing di era global. Salah satunya yaitu menyiapkan siswanya agar mempunyai kemampuan literasi digital yang baik. Sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu membuat program yang dapat menumbuhkan literasi digital agar siswa memiliki bekal dalam menghadapi persaingan global yang saat ini serba teknologi Salah satu program yang dibuat sekolah yaitu program pembelajaran berbasis IT (e-learning) SD Muhammadiyah Condongcatur merupakan salah satu sekolah yang sudah mengimplementasikan program pembelajaran berbasis IT (e-learning) Berdasarkan latar belakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah yang diteliti yakni: (1) Bagaimana implementasi program pembelajaran berbasis IT (e-learning) dalam menumbuhkan literasi digital, (2) Mengapa program pembelajaran berbasis IT (e-learning) menjadi penting dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah di SD Muhammadiyah Condongcatur yang terletak di Jln. Ringroad Utara Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, tim divisi lab, guru, siswa kelas III, IV, dan V. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian antara lain: (1) Implementasi program pembelajaran berbasis IT (e-learning) dapat dilakukan oleh peserta didik dimana saja dan kapanpun dengan strategi sebagai berikut: setiap peserta didik memiliki akun (user dan password) untuk masuk ke LMS (Learning Management System), peserta didik dapat mengunduh file pembelajaran yang diberikan oleh guru, peserta didik dapat mengirim tugas ke e-learning dan, peserta didik dapat berkomunikasi dengan guru dan antar peserta didik. (2) Pentingnya program pembelajaran berbasis IT (e-learning) sebagai salah satu upaya dalam menumbuhkan literasi digital yaitu sebagai sarana pembelajaran literasi digital bagi peserta didik, sarana untuk menumbuhkan kreatifitas peserta didik, dan sarana untuk berbagi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M,Ag.,
Uncontrolled Keywords: Program E-learning, Literasi Digital.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:03
Last Modified: 08 Apr 2019 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34441

Actions (login required)

View Item View Item