PENANAMAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN INTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF SENDANG KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO

JUMIYATI, NIM. 16204080023 (2018) PENANAMAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN INTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF SENDANG KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN INTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF SENDANG KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO)
16204080023_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN INTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF SENDANG KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO)
16204080023_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler (pengembangan diri) mempunyai peran penting dalam pembelajaran di madrasah. Salah satunya bahwa ekstrakurikuler dan intrakurikuler dapat mengantarkan siswa pada pengembangan potensi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dan intrakurikuler di MI Ma’arif Sendang Karangsari Pengasih Kulon Progo Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pelaksanaan penanaman kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual pada siswa di MI Ma’arif Sendang Karangsari Pengasih Kulon Progo melalui kegiatan intra dan ektrakurikuler dan Mengetahui hasil dari penanaman kecerdasan emosional dan spiritual melalui kegiatan intra dan ektrakurikuler di MI Ma’arif Sendang Karangsari Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus, yakni suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Adapun dalam pengumpulan data mengunakan tiga metode yakni wawancara, observasi, dan domukentasi. Setelah data data terkumpul kemudian langkah selanjutnya adalah validitas data yang dilanjutkan dengan analisis data. Hasil Penelitian ini adalah bahwa impelemtasi penanaman kecerdasan emosional dan spiritul peserta didik, pada kegiatan ekstra dan intrakurikuler mampu memberikan hasil yang baik bagi siswanya. Konsep penanaman kecerdasan emosional dan spiritual ini berdasarkan visi, misi dan tujuan madrasah dalam menanamkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam diri peserta didik, sehingga anak memiliki empati, rasa percaya diri, motivasi yang tinggi, jujur, disiplin, cerdas, berjiwa sosial dan tanggung jawab, peduli serta berbudaya. Selain iti penanaman kecerdasan emosional dan spiritual MI Ma’arif Sendang Kulon Progo yaitu, melalui pengembangan Kurikulum, pengembangan RPP, pengembangan kegiatan ektra dan intrakurikuler, pembiasaan praktek ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suyadi, M.A,
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, ekstra dan intrakurikuler MI Ma’arif Sendang
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:48
Last Modified: 10 Apr 2019 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item View Item