PENGARUH DAUN LAMTORO, DAUN TURI, DAUN PEPAYA, DAN CAMPURAN KETIGA DAUN DALAM PELET TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BAWAL (Colossoma macropomum Saanin, 1984)

Herwanto, NIM. 12640007 (2019) PENGARUH DAUN LAMTORO, DAUN TURI, DAUN PEPAYA, DAN CAMPURAN KETIGA DAUN DALAM PELET TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BAWAL (Colossoma macropomum Saanin, 1984). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DAUN LAMTORO, DAUN TURI, DAUN PEPAYA, DAN CAMPURAN KETIGA DAUN DALAM PELET TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BAWAL (Colossoma macropomum Saanin, 1984))
12640007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DAUN LAMTORO, DAUN TURI, DAUN PEPAYA, DAN CAMPURAN KETIGA DAUN DALAM PELET TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BAWAL (Colossoma macropomum Saanin, 1984))
12640007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ikan bawal (Colossoma macropomum) adalah salah satu ikan unggulan budidaya perikanan air tawar dan merupakan ikan introduksi yang berasal dari wilayah Amazon. Masalah paling utama dalam pemeliharaan ikan bawal adalah pengadaan pakan yang berkualitas bagi benih. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari pengaruh daun lamtoro, daun turi, daun papaya, dan campuran ketiga daun terhadap pertumbuhan ikan bawal (Colossoma macropomum) dan mengetahui bahan paling efektif antara daun lamtoro, daun turi, dan daun pepaya untuk pertumbuhan ikan bawal (Colossoma macropomum) Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan yaitu pelet tambahan daun lamtoro (P1), pelet tambahan daun turi (P2), pelet tambahan daun pepaya (P3), dan pelet tambahan ketiga bahan (P4) serta kontrol selama 45 hari, setiap perlakuan diulang tiga kali dan tiap ulangan pada satu kolam berisi 25 ekor ikan bawal. Parameter yang diamati adalah pertambahan berat ikan dan pertambahan panjang ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antar perlakuan meningkatkan berat dan panjang ikan secara signifikan (P<0,05). Pelet dengan tambahan daun turi (P2) mampu meningkatkan pertumbuhan berat dan panjang ikan paling tinggi (15,64 gram dan 5,1 cm) sedangkan pelet dengan tambahan daun pepaya (P3) menunjukan pertumbuhan berat dan panjang yang paling rendah (9,78 gram dan 3,6 cm). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pelet alternatif yang paling efektif untuk meningkatkan pertambahan panjang dan berat ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) adalah pelet dengan tambahan daun turi sebanyak 5% selama 45 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Ikan Bawal, Lamtoro, Pelet, Pepaya, pertumbuhan, dan Turi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Apr 2019 09:59
Last Modified: 10 Apr 2019 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum