EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (Studi Kasus Desa Wijimulyo. Kec. Nanggulan Kabupaten Kulonprogo)

Uhti Akmalia, NIM. 11230031 (2019) EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (Studi Kasus Desa Wijimulyo. Kec. Nanggulan Kabupaten Kulonprogo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (Studi Kasus Desa Wijimulyo. Kec. Nanggulan Kabupaten Kulonprogo))
11230031_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PRODUKTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (Studi Kasus Desa Wijimulyo. Kec. Nanggulan Kabupaten Kulonprogo))
11230031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Program Ekonomi Produktif berupaya untuk membantu perekonomian dalam bidang usaha dan pemberian modal. Masyarakat tentunya sangat membutuhkan adanya bantuan yang memang tidak sekedar hanya memberikan pinjaman, akan tetapi juga diberikan pelatihan dan pendampingan dalam kegiatan usaha. Dengan latar belakang masyarakat yang berpenghasilan rendah bahkan minim pengetahuan, maka sangat diperlukan adanya pemberdayaan ekonomi. Dikarenakan persoalan ekonomi memiliki berbagai faktor, banyak masyarakat yang sudah mempunyai usaha kecil-kecilan akan tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya karena keterbatasan akses pengetahuan. Dimana masyarakat masih kesulitan untuk mengakses bantuan dari lembaga keuangan atau perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pemberdayaan ekonomi produktif yang meliputi input, proses dan output program berdasarkan indikator evaluasi yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Selanjutnya melakukan kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Program Pemberdayaan Ekonomi Produktif Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa di Desa Wijimulyo dilihat dari indikator efektifitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsifitas dan ketepatan masih banyak memiliki kekurangan terutama dari proses pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aziz Muslim,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Input, Proses dan Output Program, Pemberdayaan Ekonomi Produktif
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Apr 2019 12:57
Last Modified: 10 Apr 2019 12:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34467

Actions (login required)

View Item View Item