Al Inhiraf Li Mabda' Al Ta'aruf 'inda Grice Fi Masrahiyyat Mismaru Jaha Li Ali Ahmad Bakathir : Dirasah Tahliliyyah Tadawliyyah

Suci Rahmawat, NIM. 14110016 (2019) Al Inhiraf Li Mabda' Al Ta'aruf 'inda Grice Fi Masrahiyyat Mismaru Jaha Li Ali Ahmad Bakathir : Dirasah Tahliliyyah Tadawliyyah. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Inhiraf Li Mabda' Al Ta'aruf 'inda Grice Fi Masrahiyyat Mismaru Jaha Li Ali Ahmad Bakathir : Dirasah Tahliliyyah Tadawliyyah)
14110016_BAB 1_BAB_5_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al Inhiraf Li Mabda' Al Ta'aruf 'inda Grice Fi Masrahiyyat Mismaru Jaha Li Ali Ahmad Bakathir : Dirasah Tahliliyyah Tadawliyyah)
14110016-BAB 2, BAB 3, BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Inhiraf Li Mabda’ At-Ta’awun ‘Inda Grice Fi Masrahiyat Mismaaru Juha Li Ali Ahmad Bakatsir (Dirosah Tahliliyah Tadawuliyah)”. Prinsip kerjasama yang terdiri dari maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara adalah salah satu prinsip yang ada dalam pragmatik dimana peserta tutur dan mitra tutur harus saling bekerjasama dengan baik agar percakapan mereka berjalan lancar dan sesuai tujuan. Akan tetapi, dalam naskah Masrahiyat Mismaaru Juha para peserta tutur sengaja meyimpang dari prinsip tersebut dan memunculkan bentuk-bentuk pelanggaran yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan prinsip kerjasama yang terjadi dalam tuturan naskah Mismaaru Juha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode dengan beberapa tahapan. Pertama tahap pengumpulan data dilakukan dengan metode Simak Bebas Libat Cakap berdasarkan pada teori prinsip kerjasama. Pada tahap kedua ini selanjutnya maksim yang ، tahapan terakhir disertai dengan alasan mengapa percakapan itu menyimpang Hasil yang diperoleh adalah bentuk penyimpangan maksim kuantitas yang berlebihan dalam memberi informasi, memberikan informasi yang tidak sesuai dengan yang dicari, bentuk penyimpangan maksim kualitas dengan tujuan untuk menyembunyikan kebenaran atau berpura-pura bodoh, perkataan yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, perkataan yang mengandung kebohongan, penyimpangan pada maksim relevansi terjadi karena tema pembicaraan tidak sesuai dengan tema awal, tidak berhubungan dengan yang dibutuhkan, dan penyimpangan pada maksim cara terjadi karena penutur tidak langsung menyampaikan maksudnya, perkataan yang membingungkan dan tidak jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ening Hernita, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Prinsip kerjasama, Bentuk Penyimpangan Prinsip Kerjasama.
Subjects: Kesusastraan Arab > komunikasi - menyimpang
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:39
Last Modified: 30 Apr 2019 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum