PROSES MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA WISATA KARST TUBING DI ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL

ADE RIZKI MAHARDIKA, NIM. 14230024 (2019) PROSES MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA WISATA KARST TUBING DI ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA WISATA KARST TUBING DI ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL)
14230024_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROSES MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA WISATA KARST TUBING DI ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL)
14230024_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ade Rizki Mahardika, Proses Muncul dan Berkembangnya Wisata Karst Tubing di Argomulyo, Sedayu, Bantul, Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dusun Surobayan yang terletak di Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul merupakan salah satu yang sudah dikembangkan potensi alamnya untuk wisata susur sungai. Objek wisata dengan nama Karst Tubing sudah beroprasi sejak tahun 2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya Karst Tubing serta dampak dari pemberdayaan yang telah dilakukan pengelola wisata. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses muncul dan berkembanganya wisata Karst Tubing melalui beberapa tahap, yakni tahap penemuan, tahap pelibatan, dan tahap pengembangan. Sedangkan pembangunan wisata ini memunculkan tiga dampak yaitu dampak ekonomi, dampak sosial, dan dampak lingkungan. Dampak ekonominya yakni terbukanya lapangan usaha baru, meningkatnya pendapatan kelompok serta meningkatnya akses pasar yang lebih besar. Dampak sosialnya yakni muncul keterampilan baru serta memunculkan rasa bangga. Dampak lingkungannya yaitu muncul kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan Sungai Konteng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Proses, Wisata Karst Tubing, Sosial, Ekonomi, Lingkungan.Proses, Wisata Karst Tubing, Sosial, Ekonomi, Lingkungan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2019 08:59
Last Modified: 11 Apr 2019 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum