PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENATAAN PERMUKIMAN BANTARAN SUNGAI WINONGO OLEH FORUM KOMUNIKASI WINONGO ASRI (FKWA): STUDI RW 04 SIDOMULYO BENER TEGALREJO YOGYAKARTA

Irfan Damarjati, NIM. 14230026 (2018) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENATAAN PERMUKIMAN BANTARAN SUNGAI WINONGO OLEH FORUM KOMUNIKASI WINONGO ASRI (FKWA): STUDI RW 04 SIDOMULYO BENER TEGALREJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENATAAN PERMUKIMAN BANTARAN SUNGAI WINONGO OLEH FORUM KOMUNIKASI WINONGO ASRI (FKWA): STUDI RW 04 SIDOMULYO BENER TEGALREJO YOGYAKARTA)
14230026_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK PENATAAN PERMUKIMAN BANTARAN SUNGAI WINONGO OLEH FORUM KOMUNIKASI WINONGO ASRI (FKWA): STUDI RW 04 SIDOMULYO BENER TEGALREJO YOGYAKARTA)
14230026_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Keterbatasan lahan perkotaan menyebabkan masyarakat ekonomi rendah memanfaatkan lahan yang tidak semestinya untuk bermukim seperti, pinggir rel kereta api, tepian sungai, maupun tanah negara. Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Untuk Penataan Permukiman Pada Bantaran Sungai Winongo Oleh Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA): Studi RW 04 Sidomulyo Bener Tegalrejo Yogyakarta”. Penataan permukiman merupakan program pemerintah dalam upaya mengatasi masalah tersebut, namun realitanya program tersebut sering kali mendapatkan penolakan masyarakat yang menjadi sasaran penataan. Untuk menghadapi masalah tersebut dalam melakukan penataan tidak hanya menata bangunan namun yang terpenting adalah menata sistem pemikiran masyarakat, maka pendekatan pemberdayaan merupakan cara yang tepat. Seperti kondisi permukiman pada RW 04 Sidomulyo yang berada di wilayah bantaran sungai Winongo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemberdayaan masyarakat proses melakukan penataan permukiman beserta kendala-kendala yang dihadapinya dalam pemberdayaan masyarakat. Dalam menjawab tujuan penelitian tersebut peneliti melakukan dengan cara diskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informan berdasarkan kriteria, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan trianguasi metode yang kemudian data dikumpulkan, direduksi, disajikan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat untuk penataan permukiman bantaran sungai Winongo ini melalui tiga proses yaitu, penyadaran dengan tahapan pendekatan masyarakat, penguatan motivasi dan partisipasi masyarakat. Pembinaan dan penataan masyarakat meliputi pengorganisasian, pendampingan, sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan program dan evaluasi. Dari beberapa proses tersebut maka masyarakat memperoleh kemandirian. Kendala pemberdayaan masyarakat meliputi persepsi, ketergantungan, faktor pemungkin perubahan dan faktor penguat perubahan. Beberapa kendala tersebut disebabkan karena rendahnya pendidikan, keterbatasan ekonomi, dan masyarakat urban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penataan Permukiman, Pemberdayaan Masyarakat, Kendala
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:07
Last Modified: 11 Apr 2019 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34494

Actions (login required)

View Item View Item