PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII

CHRISTY NURUL FATIMAH, NIM. 12600030 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII)
12600030_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII)
12600030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa yang berkualitas sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII pada materi garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi) Depdiknas. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D MTs Negeri 6 Sleman dan 3 orang validator ahli. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar angket respon terhadap LKS draft 2, lembar penilaian LKS, lembar soal post-test, dan lembar angket respon siswa terhadap LKS. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 88,37%. Efektif berdasarkan hasil posttest, LKS matematika dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi garis dan sudut. Hal ini dilihat 67,6% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kompetensi dasar garis dan sudut. Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS matematika dengan pendekatan saintifik diperoleh respon yang positif dengan persentase 75,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep, Garis dan Sudut
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Apr 2019 13:54
Last Modified: 11 Apr 2019 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum