EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN

Siti Nurrohmah, NIM. 14600008 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN)
14600008_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN)
14600008_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode snowball drilling serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Klaten tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIIIA dan VIII B. Kelas VIII A dijadikan kelas eksperimen dengan treatment menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode snowball drilling. Kelas VIII B dijadikan kelas kontrol dengan treatment menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest, skala, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 23dan microsoft excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode Snowball Drillinglebih tidak efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif NHT dengan metode Snowball Drilling tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: NHT, Snowball Drilling, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:25
Last Modified: 11 Apr 2019 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum