Al Hurriyyat Fi Al Riwayah Thar Tharah Fawqa Al Nayl Li Najib Mahfuz : Dirasah Tahliliyyah Bunyuwiyyah LiRobert Stanton

Nabila, NIM. 15110066 (2019) Al Hurriyyat Fi Al Riwayah Thar Tharah Fawqa Al Nayl Li Najib Mahfuz : Dirasah Tahliliyyah Bunyuwiyyah LiRobert Stanton. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Hurriyyat Fi Al Riwayah Thar Tharah Fawqa Al Nayl Li Najib Mahfuz : Dirasah Tahliliyyah Bunyuwiyyah LiRobert Stanton)
15110066_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Al Hurriyyat Fi Al Riwayah Thar Tharah Fawqa Al Nayl Li Najib Mahfuz : Dirasah Tahliliyyah Bunyuwiyyah LiRobert Stanton)
15110066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Al-Huriyyah Fii Ar-Riwaayah Tsartsarah Fawqa An-Niil Li Najib Mahfudz Dirasah Tahliliyah al-Bunyawiyyah li Robert Stanton (Kebebasan dalam Novel Tsartsarah Fawqa an-Niil Karya Najib Mahfudz Analisis Struktural Robert Stanton. Novel ini menceritakan bagaimana bebasnya kehidupan orang-orang Mesir khususnya orang-orang dari kalangan atas. Kesehariannya mereka gunakan untuk mabuk-mabukan, memakai barang terlarang seperti narkoba dan ganja. Merasa aman atas perbuatan mereka tanpa diketahui oleh polisi mereka terus melakukannya sampai pada akhirnya merekapun terlibat masalah. Mengapa peneliti mengambil penelitian ini , karena ingin mengungkap bagaimana perjalanan hidup dari kalangan atas. Persoalan yang akan dianalisis oleh peneliti adalah sesuai dengan teori struktural Robert Stanton, yang terbagi menjadi fakta-fakta cerita yang terdiri dari karakter atau tokoh, alur, dan latar. Tema dan sarana-sarana sastra yang terdiri dari judul, sudut pandang, gaya dan tone. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Fakta cerita meliputi alur dari cerita ini yang memiliki alur maju. Tokoh yang ada di dalam novel ini, diantaranya Anis Zaki, Musthafa Rasyid, Ahmad Naser, Ali Al-Sayyid, Amm Abduh, Ragab Al-Qodhi, Layla Zaidan, Saniyah Kamil, Sana Ar-Rasyidi, Sammarah Bahgat, Ra’uf, dan Kepala departemen. Latar tempat yang digunakan seperti, rumah perahu, Sungai Nil, balkon Sungai Nil, kantor departemen kesehatan, mobil, dan pondok tempat tinggal Amm Abduh. Latar waktu terdiri dari sore dan malam. Latar alat terdiri dari rokok pipa. (2) Sarana-sarana sastra meliputi judul novel, yaitu Tsartsarah Fawqa An-Niil. Sudut pandang yang digunakan, sudut pandang subjektif dari orang pertam-utama dan orang ketiga-terbatas. Gaya bahasanya meliputi penggunaan istifham, tasybih, dan repetisi. Tone atau nada novel ini terdiri dari nada marah, sedih, takut dan gelisah. Simbol dari novel ini adalah rokok pipa yang menyimbolkan kehidupan yang bebas dari penghuni rumah perahu. Ironi perebutan cinta antara Samarah, Anis Zaki, dan Ragab. Tema yang digunakan novel ini adalah kebebasan. Hubungannya antara fakta-fakta cerita dan tema, begitu juga dengan hubungan antara sarana-sarana sastra dengan tema adalah untuk menguatkan makna kebebasan dalam cerita. Kata kunci : Novel Tsartsarah Fawqa An-Niil, Analisis Struktural Robert Stanton

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mustari, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Novel Tsartsarah Fawqa An-Niil, Analisis Struktural Robert Stanton
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:52
Last Modified: 26 Apr 2019 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34546

Actions (login required)

View Item View Item