PEREMPUAN DAN PERDAMAIAN: STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DI KAMPUNG DAMAI DESA GEMLEGAN, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN

SUSILAWATI, NIM. 15230033 (2018) PEREMPUAN DAN PERDAMAIAN: STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DI KAMPUNG DAMAI DESA GEMLEGAN, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN DAN PERDAMAIAN: STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DI KAMPUNG DAMAI DESA GEMLEGAN, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN)
15230033_BAB-1_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN DAN PERDAMAIAN: STUDI TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DI KAMPUNG DAMAI DESA GEMLEGAN, KECAMATAN KALIKOTES, KLATEN)
15230033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara besar dan multikultur. Berangkat dari hal tersebut, tak jarang konflik yang mengarah pada tindakan intoleransi sering kali terjadi. Berupa tindakan menyerang maupun melalui ujaran kebencian (hate speech) Wahid Foundation yang bergerak dalam ranah kemanusiaan dan mengkampanyekan perdamaian merespons isu-isu intoleransi yang muncul tersebut. Yaitu dengan melakukan pendekatan salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi perempuan yang dikemas dalam Kampung Damai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemberdayaan ekonomi perempuan yang dilakukan oleh Kampung Damai binaan Wahid Foundation dan hasilnya terhadap perdamaian di Desa Gemlegan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik kriteria. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pemberdayaan ekonomi perempuan yang dilakukan oleh Kampung Damai binaan Wahid Foundation di Desa Gemlegan peneliti bagi menjadi tiga bagian. Pertama, pembentukan kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM). Kedua, penguatan kapasitas yang mencakup penyuluhan mengenai narasi perdamaian, penyuluhan mengenai pengelolaan keuangan, pelatihan pembuatan produk, dan pelatihan untuk Fasilitator Lokal dan perwakilan kelompok. Ketiga, pengembangan usaha yang mencakup bantuan peminjaman modal melalui Koperasi Cinta Damai (KCD), membantu pembuatan branding dan packaging, bantuan alat usaha, membantu pengajuan perijinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan membantu mencarikan link pemasaran. Sedangkan hasil pemberdayaan ekonomi perempuan terhadap perdamaian di Desa Gemlegan, peneliti bagi ke dalam tiga bagian. Pertama, hasil terhadap individu (perempuan yang terlibat dalam pemberdayaan ekonomi) dengan hasil yaitu membuka peluang usaha, dan menambah pengalaman serta wawasan mengenai ekonomi dan perdamaian. Kedua, hasil terhadap keluarga dan komunitas dengan hasil yaitu sebagai ruang untuk pendidikan perdamaian dan menjalin solidaritas, serta memperbaiki hubungan keluarga. Ketiga, hasil terhadap pemerintahan lokal/desa, yaitu menghasilkan 10 komitmen masyarakat Desa Gemlegan untuk cinta damai, adanya Patung Perdamaian, dan adanya Pendopo Wonoyoso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perdamaian, pemberdayaan ekonomi perempuan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Apr 2019 10:11
Last Modified: 12 Apr 2019 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34547

Actions (login required)

View Item View Item