PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SD 3 KADIPIRO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

SUROSO - NIM. 04141736, (2010) PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SD 3 KADIPIRO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SD 3 KADIPIRO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SD 3 KADIPIRO KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1)Persepsi siswa terhadap koleksi perpustakaan di SD 3 Kadipiro dalam menunjang proses belajar mengajar.2)Persepsi siswa terhadap fungsi perpustakaan sebagai tempat pendidikan, informasi, tanggung jawab adminitrasi, sebagai tempat penelitian dan rekreasi..3)Persepsi siswa terhadap layanan ruang baca, layanan sirkulasi, layanan referensi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey dengan risponden siswa SD 3 Kadipiro. Obyek dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar SD 3 Kadipiro Kabupaten Bantul. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 70 responden. Pengumpulan data utama dengan kuisioner tertutup secara acak kebetulan, alat ukur jawaban dengan skala likert dan data penunjang dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas VI, guru dan siswa yang rajin keperpustakaan dan data penunjang lainnya observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk tabel dan dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung simpulan penelitian. Hasil dari penelitian mengenai persepsi siswa terhadap perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar. Berdasar skala interval di dapat hasil analisis data mengenai persepsi siswa terhadap indikator koleksi sebesar (3,38) yang tergolong sangat baik, (3,27) hasil dari analisis data mengenai persepsi siswa terhadap indikator fungsi perpustakaan sebagai tempat penunjang pendidi tergolong sangat baik.Walau demikian petugas perpustakaan/sekolah harus tetap mengembangkan koleksinya, fungsi perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar dan harus meningkatkan lagi layananya. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 14 sampai 27 April 2009 di SD 3 Kadipiro Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Sri Rohyanti Zulaikha S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan sekolah, proses belajar mengajar.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 12:19
Last Modified: 13 Oct 2015 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item