TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA MENURUT IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA (IWAPI) DI KOTA YOGYAKARTA

WIFA LUTFIANI TSANI, NIM. 15350093 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA MENURUT IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA (IWAPI) DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA MENURUT IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA (IWAPI) DI KOTA YOGYAKARTA)
15350093_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA MENURUT IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA (IWAPI) DI KOTA YOGYAKARTA)
15350093_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) adalah sebuah organisasi wanita yang berada di kota Yogyakarta. Organisasi IWAPI menjadi wadah berproses bagi para wanita pengusaha untuk meningkatkan spirit kewiraushaan. Hubungan emosional dan waktu kerap kali menjadi permasalahan bagi wanita karir baik itu terhadap anak ataupun suami. Pokok permasalahan skripsi ini yaitu terkait pandangan IWAPI terhadap wanita karir serta kaitannya dengan keharmonisan rumah tangga, kemudian menelaah tinjauan hukum Islam terhadap pandangan IWAPI tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode wawancara pada organisasi wanita yaitu ikatan wanita pengusaha Indonesia (IWAPI). Hasil penelitian penyusun dalam skripsi ini terkait pengaruh wanita karir terhadap keharmonisan rumah tangga yaitu waktu. Kurangnya waktu dengan keluarga melahirkan beberapa permasalahan dan menurunkan keharmonisan. Namun antar anggota IWAPI sendiri memiliki problem solving tersendiri dalam perihal rumah tangga. Menurut hukum Islam, menjadi wanita karir diperbolehkan dengan syarat pekerjaan yang dijalani sesuai dengan syari’at Islam serta wanita tidak melupakan kodratnya sebagai ibu rumah tangga, dalam artian menjadi wanita karir tanpa mengabaikan hak dan kewajiban seorang Ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Yasin Baidi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Wanita karir, ikatan wanita pengusaha Indonesia (IWAPI), Islam.
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:18
Last Modified: 15 Apr 2019 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34581

Actions (login required)

View Item View Item