Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Kesejahteraan Lanjut Usia Di RW 08 Kadipaten Wetan Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton Yogyakarta

Aisyah Wahyu Nur Indahsari, NIM 14250003 (2019) Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Kesejahteraan Lanjut Usia Di RW 08 Kadipaten Wetan Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Kesejahteraan Lanjut Usia Di RW 08 Kadipaten Wetan Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton Yogyakarta)
14250003_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Kesejahteraan Lanjut Usia Di RW 08 Kadipaten Wetan Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton Yogyakarta)
14250003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Aisyah Wahyu Nur Indahsari 14250003, Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga terhadap Tingkat Kesejahteraan Lanjut Usia di RW 08 Kadipaten Wetan Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton Yogyakarta. Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2019. Dukungan sosial pada saat memasuki usia senja sangat dibutuhkan oleh lanjut usia terutama dukungan dari keluarga yang merupakan orang terdekat lanjut usia. Penurunan fungsi fisik dan psikis akan terjadi pada fase ini, sehingga lanjut usia memerlukan perhatian yang khusus dari orang terdekat dan linkungan sekitar. Namun, penurunan tersebut bukan berarti lanjut usia sudah tidak produktif lagi di kehidupan sosialnya, tidak sedikit dari lanjut usia masih bekerja dan masih aktif di berbagai kegiatan masyarakat. Sehingga dapat dikatakan bahwa lanjut usia sejahtera dengan memasuki usia senja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dukungan sosial yang diberikan oleh keuarga dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan lanjut usia di RW 08 Kadipaten Wetan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 lanjut usia dengan kategori usia 60 tahun keatas dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Product Moment. Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu dukungan sosial dan teori penuaan dari Rowe dan Khan yang diadaptasi dari skripsi Suriyah. Hasil penelitian dengan melakukan uji korelasi Product Moment didapatkan nilai Pearson Correlation sebesar 0,054 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari r tabel yaitu sebesar 0,288. Sedangkan nilai signifikasi sebesar 0,726, yang berarti bahwa nilai tersebut lebih besar dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap tingkat kesejahteraan lanjut usia di RW 08 Kadipaten Wetan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Keluarga, Kesejahteraan Lanjut Usia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Keluarga, Kesejahteraan Lanjut Usia
Subjects: Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2019 08:41
Last Modified: 24 Apr 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item View Item