TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MASIH BERSTATUS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2018-2019)

DESY NASYIATUL FADHILAH, NIM. 15350080 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MASIH BERSTATUS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2018-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MASIH BERSTATUS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2018-2019))
15350080_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MASIH BERSTATUS MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2018-2019))
15350080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Menikah merupakan bagian dari fitrah seorang manusia baik itu laki-laki maupun perempuan. Menikah saat kuliah atau masa studi dilakukan juga oleh beberapa mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pernikahan yang dilangsungkan oleh para mahasiswa saat masa studi menuntutnya untuk tetap dapat melaksanakan kewajibannya sebagai seorang mahasiswa serta sebagai seorang suami ataupun istri dari pasangannya. Hal tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak dan kewajiban terhadap pemenuhan hak dan kewajiban pasangan suami istri yang masih berstatus mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap objek yang diteliti. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah menikah. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Analisis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi di lapangan untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa para pasangan suami istri yang masih berstatus mahasiswa aktif telah berusaha memenuhi kebutuhan keluarganya sendiri sambil menjalankan perkuliahan. Sedangkan dalam pemenuhan hak dan kewajiban pada pasangan mahasiswa aktif kuliah termasuk dalam kategori dapat terpenuhi tetapi kurang maksimal. Saling menghargai serta mendukung segala usaha pasangannya dalam rangka memenuhi hak dan kewajibannya serta tidak memberatkan menerima dengan ikhlas dan ridho apa yang diberikan pasangannya adalah cara menjaga keharmonisan rumah tangga yang dijalani pasangan mahasiswa yang masih aktif berkuliah. Dampak yang ditimbulkan dari pernikahan yang dilangsungkan pada saat pasangan masih aktif kuliah yaitu belum maksimalnya pemenuhan kebutuhan lahir dan batin, serta menghambat perkuliahan beberapa mahasiswa yang kurang dapat mengatur waktu. Oleh karena dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemenuhan hak dan kewajiban pasangan mahasiswa sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: YASIN BAIDI, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pernikahan dini, mahasiswa aktif
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:36
Last Modified: 15 Apr 2019 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34585

Actions (login required)

View Item View Item