TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PRAKTIK TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT)

AFNAN RIANI CAHYA ANANDA, NIM. 15350074 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PRAKTIK TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PRAKTIK TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT))
15350074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PRAKTIK TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (STUDI DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT))
15350074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Wali merupakan salah satu rukun yang harus dipenuhi dalam pernikahan. Posisinya sebagai penentu sah atau tidaknya suatu pernikahan. Wali adalah orang yang nantinya akan mengikrarkan ijab pada mempelai laki-laki sebagai pengganti dari mempelai wanita yang berada di bawah perwaliannya. Posisi wali ini dijelaskan secara rinci dalam hukum Islam, namun masyarakat tidak menggunakannya secara maksimal. Realitas yang terjadi di daerah masyarakat yang Muslim memperlihatkan praktik yang berbeda, di mana para wali yang berhak menikahkan anaknya justru mewakilkan haknya kepada orang lain. Praktik seperti ini sering terjadi, di Kecamatan Taliwang. Wali nasab lebih memilih menyerahkan hak walinya pada orang lain walaupun sebenarnya tidak ada kendala yang menghalanginya. Biasanya orang yang diberi amanat untuk menjadi wakilnya adalah petugas KUA dan Petugas NTR (Nikah Talak Rujuk). Dari kasus tersebut, penulis ingin mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat terkait taukil wali dalam akad nikah. Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat adalah tempat penulis melakukan penelitian. Adapun tujuan penelitian ini dalah untuk mendiskripsikan, menilai dan menganalisis bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum Positif terhadap praktik taukil wali dalam akad nikah yang terjadi di Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), di mana data yang di peroleh melalui wawancara dan dokumentasi kepada tokoh agama, Petugas NTR dan masyarakat sebagai pihak yang melakukan praktik taukil wali dalam akad nikah serta Kepala KUA sebagai pihak yang mengetahui dan menyaksikan langsung prosesi taukil wali nikah. Adapun sifat penelitian adalah preskriptif-analitis yaitu suatu penelitian terhadap suatu permasalahan yang menilai dan menganalisis dari tinjauan hukum, nilai keadilan, konsep dan norma hukum. Setelah data-data yang diperlukan terkumpul akan dirumuskan permasalahannya dan dianalisis secara kualitatif. Penulis juga melakukan pendekatan normatif-yuridis yaitu membahas praktik taukil wali dalam akad nikah dari perspektif hukum Islam dan hukum Positif. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu bahwa praktik taukil wali dalam akad nikah yang diterapkan oleh mayoritas masyarakat Islam di Kecamatan Taliwang hukumnya adalah boleh. Apa yang diterapkan masyarakat tentang taukil wali dalam akad nikah sebagian tidak betentangan dengan hukum Islam dan hukum Positif karena masih sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Sebagian lainnya bertentangan dengan hukum Islam karena salah satu rukun dan syarat taukil wali tidak terpenuhi seperti sighat taukil wali, akan tetapi tidak bertentangan dengan hukum Positif karena memenuhi syarat administrasi dengan adanya bukti surat taukil wali. Dengan demikian, taukil wali boleh dilakukan jika telah memenuhi rukun dan syaratnya atau aturannya, karena memberikan kemudahan dan manfaat terhadap sesama manusia untuk menyelesaikan urusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. SAMSUL HADI, S. Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: wali, taukil wali, hukum Islam, hukum Positif.
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:41
Last Modified: 15 Apr 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34587

Actions (login required)

View Item View Item