UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKĪNAH (STUDI KOMPARASI BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN, DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DI KECAMATAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS DAN BP4 KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA)

EUIS TITING MARYANI, NIM. 15350017 (2019) UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKĪNAH (STUDI KOMPARASI BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN, DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DI KECAMATAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS DAN BP4 KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKĪNAH (STUDI KOMPARASI BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN, DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DI KECAMATAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS DAN BP4 KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA))
15350017_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKĪNAH (STUDI KOMPARASI BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN, DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DI KECAMATAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS DAN BP4 KECAMATAN MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA))
15350017_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Pernikahan merupakan awal dari gerbang utama yang harus dilewati oleh pasangan suami istri dalam membentuk keluarga sakīnah, mawaddah warahmah sebagaimana yang diajarkan dalam agama (Islam). Keluarga sakīnah tidak dapat terwujud begitu saja tanpa adanya komitmen dari suami istri untuk menjalankan tugas dan kewajibannya sehingga keduanya benar- benar merasa damai dan bahagia atas pernikahan yang dijalani. Dalam pembentukan keluarga sakīnah tentu ada faktor- faktor pendukung yang turut mewujudkan keluarga sakīnah salah satunya adalah konselor BP4. BP4 yang akan dikaji oleh penyusun yaitu mengkomparasikan antara BP4 Kec. Panumbangan dengan BP4 Kec. Mergangsan. Salah satu peran BP4 dalam mewujudkan keluarga sakīnah yaitu dengan mengadakan pembekalan terhadap calon pengantin, maupun bimbingan dan konseling bagi pasangan suami istri yang tengah menghadapi masalah dalam kehidupan berumah tangga. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pembentukan keluarga sakīnah yang dilakukan BP4 Kec. Panumbangan dan BP4 Kec. Mergangsan yaitu melaksanakan bimbingan calon pengantin dengan pemateri dari KUA yakni penghulu yang bersertifikat binwin dan dari kesehatan yaitu dokter. Hanya saja dalam segi pelaksanaan bimbingan bagi calon pengantin di BP4 Kec. Panumbangan belum melaksanakan bimbingan secara mandiri karena satu dan lain hal yang menjadi hambatan, berbeda dengan BP4 Kec. Mergangsan yang sudah melaksanakan bimbingan secara mandiri bagi calon pengantin. Selain itu upaya pembentukan keluarga sakīnah dalam hal konseling bagi pasangan suami istri yang menghadapi masalah dilakukan dengan cara penasehatan oleh BP4 setempat. Hal ini adanya perbedaan dalam hal sasaran yang dituju antara BP4 Kec. Panumbangan dan BP4 Kec. Mergangsan, bahwa BP4 Kec. Panumbangan hanya memberikan konseling untuk PNS saja. Sedangkan BP4 Kec. Mergangsan memberikan konseling pernikahan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: YASIN BAIDI, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Keluarga sakīnah, BP4, Komparasi
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:50
Last Modified: 15 Apr 2019 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34598

Actions (login required)

View Item View Item