PENGARUH WIRAUSAHA SENI GRAFIS TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Komunitas Rewo-Rewo di Desa Kaliabu Salaman Magelang)

WAHYU PUTRI WIDIYANINGRUM, NIM. 14250064 (2018) PENGARUH WIRAUSAHA SENI GRAFIS TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Komunitas Rewo-Rewo di Desa Kaliabu Salaman Magelang). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH WIRAUSAHA SENI GRAFIS TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Komunitas Rewo-Rewo di Desa Kaliabu Salaman Magelang))
14250064-COVER, BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH WIRAUSAHA SENI GRAFIS TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Komunitas Rewo-Rewo di Desa Kaliabu Salaman Magelang))
14250064-BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Wahyu Putri, Pengaruh Wirausaha Desain Grafis terhadap Kesejahteraan Sosial Masyarakat Kaliabu, Salaman, Magelang. Skripsi: Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada interval Agustus sampai Desember 2018, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan wirausaha desian grafis Komunitas Reworewo terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat Kaliabu. Penelitian ini berdasarkan realitas bahwa ada perubahan dalam pola sosial warga Kaliabu ke arah yang lebih baik melalui salahs atu kegiatan positif dari Komunitas Rewo-rewo. Usaha inilah yang nantinya dipergunakan untuk membawa masyarakat pra sejahtera ke dalam kehidupan yang mampu masuk ke dalam garis sejahtera. Inilah yang diusahakan oleh Komunitas Rewo-rewo, sebuah komunitas desain grafis berproyeksi kewirausahaan untuk mengentaskan kepelikan anggotanya dari jeratan permasalahan ekonomi, sosial, dan spiritual. Teori yang digunakan adalah dari Talcott Parson yakni fungsionalisme struktural. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan informan penelitian berjumlah enam orang, dua diantaranya menempati posisi sebagai pengurus komunitas ini dan 4 orang lainnya adalah anggota berdaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam keabsahan data melalui triangulasi sumber data. Sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam peran Komunitas Rewo-Rewo yang berpengaruh atas kesejahteraan sosial masyarakat Kaliabu dapat dilihat dari untuk menggerakkan masyarakat merubah paradigma dan proyeksi hidup untuk memiliki kesejahteraan sosial dan ekonomi. Sehingga kebutuhan primer hingga tersier mereka terpenuhi. Terlebih pengaruh yang berlaku dari adanya komunitas ini adalah nyaris hilangnya aktifitas mabuk-mabukan dan pemalakan sebagaimana kerap terjadi sebelum komunitas ini muncul. Selain itu, pengaruh wirausaha ini juga mampu menggerakkan masyarakat untuk berubah secara positif dengan membuat sistem/ sub-sistem baru di dalam masyarakat Kaliabu yang mampu membangun kesejahteraan sosial mereka . Kata Kunci: Kesejahteraan Sosial, Wirausaha Desain Grafis, Kaliabu, Komunitas Rewo- Rewo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI SOLECHAH, S.SOS.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial, Wirausaha Desain Grafis, Kaliabu, Komunitas Rewo- Rewo.
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2019 09:30
Last Modified: 22 Apr 2019 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum