PERAN PROGRAM KKBPK DALAM MENCAPAI TUJUAN PERKAWINAN ISLAM (STUDI PELAKSANAAN DI DUSUN JASEM DESA SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL)

IRMA LESMANA SARI S, NIM. 14350044 (2019) PERAN PROGRAM KKBPK DALAM MENCAPAI TUJUAN PERKAWINAN ISLAM (STUDI PELAKSANAAN DI DUSUN JASEM DESA SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PROGRAM KKBPK DALAM MENCAPAI TUJUAN PERKAWINAN ISLAM (STUDI PELAKSANAAN DI DUSUN JASEM DESA SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL))
14350044_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PROGRAM KKBPK DALAM MENCAPAI TUJUAN PERKAWINAN ISLAM (STUDI PELAKSANAAN DI DUSUN JASEM DESA SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL))
14350044_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pada tanggal 2 Februari 2016 Dusun Jasem Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul dicanangkan sebagai kampung KB oleh Guberbur DIY yang mewakili Kabupaten Bantul. Program Kampung KB tersebut merupakan salah satu inovasi program pemerintah dalam memperkuat program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Tujuan dari program kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta dapat mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Ada empat kegiatan yang dilaksanakan dalam Kampung KB. Pertama, tentang kependudukan, kedua, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, ketiga, ketahanan keluarga (pembangunan keluarga), keempat, kegiatan lintas sektor di bidang pemukiman, sosial ekonomi, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta keperluan yang disesuaikan dengan kebutuhan wilayah kampung KB. Dusun Jasem ditunjuk sebagai kampung KB bukan karena keberhasilan yang luar biasa, tetapi Dusun Jasem ditunjuk dengan berbagai kriteria program yang berada di bawah nilai rata-rata, yaitu: jumlah keluarga miskin relatif banyak, kawasan rawan longsor, terpencil, kawasan wisata, serta kawasan industry. Oleh karena itu perlu diadakan pembangunan penduduk melalui program KKBPK. Dalam menjalankan program tersebut kampung KB sudah mendapatkan prestasi salah satunya adalah menjadi kampung KB percontohan tingkat nasional pada tanggal 1 Juli 2018 (Center Of Exellent). Dengan begitu penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana efektivitas pelaksanaan program KKBPK di Dusun Jasem Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul dan peran program KKBPK dalam mencapai tujuan perkawinan Islam. Penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang penyusun gunakan adalah wawancara dengan subjek penelitian dan masyarakat di lokasi penelitian. Selanjutnya menganalisis program KKBPK tersebut dengan teori sistem hukum dan Hukum Islam. Sehingga penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan atau memberikan gambaran tentang efektivitas program KKBPK di Dusun Jasem serta peran program KKBPK dalam mencapai tujuan perkawinan Islam. Hasil dari penelitian ini adalah program KKBPK di Dusun Jasem secara umum sangat efektif dan sudah terlaksana serta sesuai dengan undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara kuantitas, kualitas, dan persebaran penduduk dengan lingkungan hidup. Serta meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman, tenteram, dan harapan masa depan yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin. Selain itu, program KKBPK sejalan dengan tujuan perkawinan dalam Islam. Dengan adanya kegiatan program KKBPK tersebut dapat meminimalisir pernikahan usia dini, hamil di luar nikah serta membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan wa rahmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, MA.,
Uncontrolled Keywords: Kampung KB, Program KKBPK, Tujuan Perkawinan Islam.
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Apr 2019 14:04
Last Modified: 15 Apr 2019 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item