PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI BERBASIS E-COMMERCE MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF ( STUDI TOKO BURSANEKA SHOP YOGYAKARTA )

CHUSNAN NUR ALVIN, NIM. 13360061 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI BERBASIS E-COMMERCE MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF ( STUDI TOKO BURSANEKA SHOP YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI BERBASIS E-COMMERCE MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF ( STUDI TOKO BURSANEKA SHOP YOGYAKARTA ))
13360061_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI BERBASIS E-COMMERCE MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF ( STUDI TOKO BURSANEKA SHOP YOGYAKARTA ))
13360061_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Teknologi yang diciptakan berkembang seiring dengan kebutuhan manusia untuk memudahkan hidup manusia dari yang sebelumnya, sehingga telah melahirkan banyak perubahan mendasar dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya ialah aspek perekonomian berbasis internet atau bisa disebut dengan e-commerce. E-commerce merupakan bentuk perdagangan modern yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli secara face to face, media yang digunakan untuk melakukan perdagangan hanya melalui internet. Praktek perdagangan seperti ini di satu sisi sangat menguntungkan penjual maupun pembeli karena akan lebih praktis, namun disisi lain pelanggaran akan hak-hak konsumen sangat riskan terjadi. Toko Bursaneka Shop merupakan salah toko menerapkan sistem perdagangan berbasis e-commerce, sehubungan dengan hal tersebut, dalam skripsi ini mengangkat dua permasalahan, pertama bagaimana konsep perlindungan konsumen dalam transaksi berbasis e-commerce yang diterapkan oleh Toko Bursaneka Shop. Kedua, bagaimana persamaan dan perbedaan perlindungan hak-hak konsumen dalam transaksi e-commerce menurut hukum Islam dan hokum Positif yang diterapkan oleh Toko Bursaneka Shop. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan lansung terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data dengan cara wawancara pada objek penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif-analisis dan komparatif. Penelitian ini menemukan kesimpulan sebagai berikut, pertama, konsep perlindungan konsumen dalam jual beli e-commerce di Toko Bursaneka Shop telah menerapkan prinsip – prinsip muamalah dalam upaya melindungi hak-hak konsumen, yaitu meliputi prinsip sukarela, prinsip kejujuran informasi, dan khiyar Ru’yah. Kedua, secara garis besar antara hukum Islam dan hukum Positif dalam upaya melindungi hak-hak konsumen memiliki kesamaan, dalam hukum Islam sumber yang dipakai adalah al-Qur’an dan Hadist sedangkan hukum Positif sumber dari UU No 8 tahun 1999 Tentang perlindungan konsumen dan UU ITE. Dalam praktek jual beli Toko Bursaneka Shop menerapkan prinsip sukarela yang ada pada hukum Islam, prinsip ini memiliki kesamaan dengan hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan. Toko Bursaneka Shop selalu memberikan informasi mengenai kejelasan barang yang akan diperjualbelikan dengan valid, prinsip kejujuran informasi ini memiliki kesamaan dengan hak atas informasi barang dan/atau jasa yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi barang. Toko Bursaneka Shop memberikan garansi atau jaminan ganti rugi kepada konsumen jika ada kecacatan barang yang telah dibelinya sehingga konsumen berhak untuk membatalkan akad jual beli tersebut, dalam hukum Islam disebut Khiyar Ru’yah, prinsip ini memiliki kesamaan dengan Hak atas kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: GUSNAM HARIS, S.AG,M.AG
Uncontrolled Keywords: e-commerce, khiya>r Ru’yah
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Apr 2019 14:12
Last Modified: 15 Apr 2019 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum