PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA MISKIN MELALUI PROGRAM JAMBANISASI DI DESA KEPUTRAN KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN

ZYORISA TAMARA TESA, NIM 14250087 (2019) PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA MISKIN MELALUI PROGRAM JAMBANISASI DI DESA KEPUTRAN KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA MISKIN MELALUI PROGRAM JAMBANISASI DI DESA KEPUTRAN KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN)
14250087_SEBELUM_BAB-I_sampai_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA MISKIN MELALUI PROGRAM JAMBANISASI DI DESA KEPUTRAN KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN)
14250087_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Zyorisa Tamara Tesa, 14250087, Perubahan Perilaku Keluarga Miskin Melalui Program Jambanisasi di Desa Keputran Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Skripsi, Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Fenomena kemiskinan dan kesehatan memiliki keterkaitan yang cukup erat. Dimana masyarakat miskin lebih sering mengabaikan kesehatan dengan alasan ekonomi. Untuk meningkatkan upaya hidup bersih dan sehat masyarakat miskin, pemerintah Desa Keputran Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten mengadakan Program Jambanisasi yang dilaksanakan setiap tahun dimulai dari tahun 2015. Program ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin dengan diberikan bantuan untuk membuat jamban sehat kepada keluarga miskin yang belum memiliki jamban sehat. Program ini dimaksudkan untuk mengurangi angka buang air besar (BAB) sembarangan yang ada di Desa terebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku dan faktor perubahan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat miskin melalui program jambanisasi di Desa Keputran Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu keluarga penerima manfaat sebelum mendapatkan bantuan program melakukan BAB di jamban bersama dan di tempat terbuka baik itu di kebun maupun di sungai. Melalui program jambanisasi, keluarga penerima manfaat tersebut dapat berubah dan mampu memperbaiki kualitas kesehatan menuju perilaku hidup bersih dan sehat. Bentuk perilaku yang terjadi yaitu perilaku tertutup (covert behavior) dan perilaku terbuka (overt behavior). Perubahan perilaku terjadi karena adanya keterlibatan berbagai pihak yang terkait. Faktor-faktor yang mempenaruhi perubahan perilaku yaitu: Pertama, faktor pencetus (predisposing factors), berupa adanya kesadaran dari diri sendiri, rasa malu dan konflik dalam keluarga. Adanya sosialisasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dan pemerintah desa melalui Bidan Desa dan setiap ketua RT di seluruh Desa Keputran. Kedua, faktor pendukung (enabling factors) yaitu pemberian dukungan materi dari keluarga penerima manfaat berupa penambahan dana untuk pembelanjaan bahan bangunan. Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan MCK, tenaga kesehatan yang berperan aktif dalam melakukan upaya sosialisasi, serta bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah desa kepada keluarga penerima manfaat. Ketiga, faktor penguat (reinforcing factors) yaitu peran tokoh masyarakat dalam menyampaikan informasi kepada keluarga penerima manfaat, peran aktif tenaga kesehatan dalam menyampaikan sosialisasi pada setiap kesempatan dalam pertemuan warga, serta adanya peraturan atau larangan bagi masyaraat untuk melakukan buang air besar sembarangan. Kata kunci: perubahan perilaku, perilaku hidup bersih dan sehat, jambanisasi, sanitasi, keluarga miskin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: perubahan perilaku, perilaku hidup bersih dan sehat, jambanisasi, sanitasi, keluarga miskin
Subjects: Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2019 09:31
Last Modified: 22 Apr 2019 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum