PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER LESSON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN

TIKA NURKHAMIDAH, NIM. 11470081 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER LESSON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER LESSON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER LESSON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya metode pembelajaran yang aktif adalah suatu metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk bisa belajar secara aktif. Ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka yang akan mendominasi aktifitas belajar. Maka disinilah terlihat bahwa betapa pentingnya peran metode pembelajaran. Salah satu metode yang mampu meningkatkan gairah siswa dalam belajar adalah metode peer lesson. Metode peer lesson adalah metode yang menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar para peserta didik sebagai anggota kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh metode peer lesson terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Jurumiyyah di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta dan untuk memberikan evaluasi agar metode belajar bisa lebih efektif sehingga mampu mencetak santri dengan hasil belajar yang tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran angket. Analisa data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Normalitas dan juga Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini bahwa: (1) Kontribusi teman belajar terhadap hasil belajar santri Jurumiyyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta sebesar 98,9% dipengaruhi oleh variabel lain. (2) Karena setelah melakukan Uji Normalitas ternyata hasilnya tidak berdistribusi normal. Maka peneliti melakukan uji cara yang lain yaitu dengan Uji Wilcoxon. Dari uji tersebut didapatkan bahwa ada 19 santri yang mengalami penurunan nilai. Dan ada 69 santri yang mengalami peningkatan nilai dan ada 7 santri yang tidak mengalami pningkatan ataupun peurunan nilai. (3) Berdasarkan output “Test Statistic” diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.000. Karena nilai 0.000 lebih kecil daripada nilai 0.005 maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar Al- Jurumiyyah untuk Pre Test dan Post Test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh metode pembelajaran peer lesson dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Jurumiyyah di Pondok Pesantren Al-luqmaniyyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Peer Lesson, Uji Wilcoxon, , Teman Belajar, Lingkungan Belajar,
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:34
Last Modified: 16 Apr 2019 02:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34632

Actions (login required)

View Item View Item