ISU SYIAH DAN KEBERADAAN SEKOLAH LAZUARDI AL FALAH GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) KLATEN (TINJAUAN TERHADAP RESPON MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH LAZUARDI)

EMILATUL HUSNAH, NIM. 11540003 (2018) ISU SYIAH DAN KEBERADAAN SEKOLAH LAZUARDI AL FALAH GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) KLATEN (TINJAUAN TERHADAP RESPON MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH LAZUARDI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISU SYIAH DAN KEBERADAAN SEKOLAH LAZUARDI AL FALAH GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) KLATEN (TINJAUAN TERHADAP RESPON MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH LAZUARDI))
11540003_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ISU SYIAH DAN KEBERADAAN SEKOLAH LAZUARDI AL FALAH GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) KLATEN (TINJAUAN TERHADAP RESPON MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH LAZUARDI))
11540003_BAB II_BAB IIII_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Banyaknya masyarakat memberikan label Syiah sebagai ajaran sesat. Dampak ini juga menyeret lembaga pendidikan sekolah Lazuardi Al Falah GIS diisukan sebagai sekolah dengan ajaran syiah sesat. Dalam prakteknya masyarakat hanya menduga duga dan menyebarkan berita sesat di sekolah Lazuardi dari mulut ke mulut tanpa tahu kebenarannya dan mewaspadai gerakan sekolah agar tidak ikut didalamnya. Kota Klaten dengan tingkat kesadaran terhadap pendidikan serta perhatian terhadap nilai nilai agama tinggi, menarik penulis untuk mengangkat fenomena sosial keagamaan dalam judul tema penelitian. Apakah sekolah Lazuardi mengajarkan paham Syiah, respon masyarakat terhadap sekolah Lazuardi dengan label Syiah, faktor apa saja yang menyebabkan Lazuardi tetap eksis di tengah isu Syiah yang menerpa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi partisipan dipilih agar mendapatkan data lebih lengkap, dan wawancara dengan tujuh informan utama dan 4 informan pendukung, dan dokumentasi penelusuran terhadap catatan baik online maupun langsung. Agar mempermudah penulis dalam menganalisa maka digunakan teori konstruksi sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman, ia menggambarkan proses sosial melalui tindakan dan interaksi, individu menciptakan terus menerus suatu realitas yang dialami dan dimiliki berama secara subyektif. Suatu proses pemaknaan yang dilakukan oleh setiap individu terhadap lingkungan dan aspek diluar dirinya yang terdiri dari proses eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi. Temuan dilapangan bahwa Lazuardi Al Falah GIS Klaten tidak menunjukan adanya ajaran Syiah didalamnya, mereka lebih menganut pada ajaran ahlus sunnah wal-jamah. Sekolah mengusung tema sekolah Abad dua puluh satu dan menjadi sekolah yang menerima Anak berkebutuhan Khusus. Respon masyarakat sekitar beragam ada yang percaya dengan isu tersebut dan ada yang tidak percaya dengan adanya isu Syiah di sekolah Lazuardi Al Falah GIS Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastutui, S.Ag., M.PD., M.A.
Uncontrolled Keywords: Isu Syiah, Respon Masyarakat, Eksistensi Sekolah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:54
Last Modified: 16 Apr 2019 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34635

Actions (login required)

View Item View Item