SMARTPHONE DAN PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUSRIADI ABD RAHMAN, NIM. 11540017 (2018) SMARTPHONE DAN PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SMARTPHONE DAN PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11540017_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SMARTPHONE DAN PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11540017_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perubahan perilaku keagamaan di kalangan pengguna smartphone pada Mahasiswa Sosiologi Agama. Penggunaan smartphone sekarang bukan hanya sebagai alat komunikasi semata, melainkan juga dapat membentuk perilaku keagamaan seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi smartphone bagi mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam saat ini, dan menganalisis penggunaan smartphone terhadap perubahan perilaku keagamaan di kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Ponsel pintar (smartphone) merupakan sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi (seperti menelpon atau SMS) juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer. Manfaat penggunaan smartphone dalam pembentukan perilaku keagamaan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama: 1. Komunikasi; a. Penggunaan smartphone sebagai media dakwah; melalui internet, b. Pesan keagamaan disampaikan lewat teks-teks yang disebarkan via media sosial, c. Penggunaan aplikasi yang bersifat keagamaan; Al-Qur’an digital, Kisah Nabi dan Rasul (aplikasi), Bulughul maram (aplikasi), dsb. 2. Kebiasaan; a. Smartphone sebagai pengingat waktu sholat, b. Smartphone sebagai pendukung sholat, c. Smartphone sebagai media pembelajaran agama, d. Smartphone sebagai media diskusi keagamaan, e. Smartphone sebagai tuntunan dalam al-Qur’an. 3. Gaya Hidup; a. Smartphone sebagai teman, b. Penggunaan smartphone sebagai perantara dalam hal gaya pakaian islami, c. Penggunaan smartphone sebagai tuntunan hukum islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Munawwar Ahmad, S.S , M.Si
Uncontrolled Keywords: Smartphone, perilaku keagamaan, mahasiswa sosiologi agama
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:06
Last Modified: 16 Apr 2019 03:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34639

Actions (login required)

View Item View Item