PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD), SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SMSDM), DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL (SPI) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH

LILY INDAH PRATIWI, NIM. 15840044 (2019) PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD), SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SMSDM), DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL (SPI) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD), SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SMSDM), DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL (SPI) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH)
15840044_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SAKD), SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SMSDM), DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL (SPI) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH)
15840044_BAB II,BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data hasil pemeriksaan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DIY, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sejak tahun 2013 sampai 2017. Hal ini menunjukkan bahwa SKPD Provinsi Yogyakarta konsisten dalam pembuatan laporan keuangan pemerintah daerah yang berkualitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua akuntan pemerintah/bagian keuangan Provinsi Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel berdasarkan kemudahan (convenience sampling). Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Terdapat 152 kuesioner yang diolah dalam penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji R-square, dan uji hipotesis dengan program WarpPLS 6.0. Berdasarkan tabel output path coeffisient menunjukkan bahwa hubungan antara SAKD terhadap KLKPD adalah berpengaruh signifikan dengan P-value sebesar 0,022 (< 0,1). Nilai path coefficient adalah positif yaitu sebesar 0,160 yang menunjukkan bahwa arah hubungan antara SAKD terhadap KLKPD adalah positif. Berdasarkan tabel output path coeffisient menunjukkan bahwa hubungan antara KSDM terhadap KLKPD adalah tidak berpengaruh signifikan dengan P-value sebesar 0,142 (> 0,1). Berdasarkan tabel output path coeffisient diatas, menunjukkan bahwa hubungan antara SPI terhadap KLKPD adalah berpengaruh signifikan dengan P-value sebesar <0,001. Nilai path coefficient adalah positif yaitu sebesar 0,233 yang menunjukkan bahwa arah hubungan antara SPI terhadap KLKPD adalah positif. Kata Kunci: sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD), sistem manajemen sumber daya manusia (SMSDM), Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. ARSYADI RIDHA, S.E., M.SC., Ak. CA
Uncontrolled Keywords: sistem akuntansi keuangan daerah (SAKD), sistem manajemen sumber daya manusia (SMSDM), Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Subjects: Manajemen > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2019 15:36
Last Modified: 18 Apr 2019 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum