PERAN PASSION PADA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN

ALVIANI WAHYU AGUSTINA, NIM. 14410178 (2019) PERAN PASSION PADA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PASSION PADA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN)
14410178_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PERAN PASSION PADA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN)
14410178_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya keadaan di SMP Muhammadiyah Pakem bahwa dimana ada seorang guru yang kurang memiliki panggilan jiwa (passion) dalam mengajar, yaitu ketika masuk kelas untuk menyampaikan materi beliau hanya masuk kelas untuk menggugurkan kewajiban saja. Sedangkan panggilan jiwa pada guru sangatlah diperlukan supaya guru menyadari akan pentingnya menyampaikan ilmu bagi seorang pendidik terhadap peserta didiknya. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana profil passion guru di SMP Muhammadiyah Pakem dan apakah peran passion pada guru memiliki andil dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui profil passion guru PAI dan bagaimana perannya dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Pakem, Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PAI SMP Muhammadiyah Pakem, Sleman, 2018. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Profil passion pada guru PAI semua guru Pendidikan Agama Islam sudah memiliki passion tetapi dalam kadar yang berbeda. Hal tersebut dapat dilihat dari 3 indikator passion, yaitu: a) sesuai passion, passion yang dimiliki guru di SMP Muhammadiyah Pakem telah sesuai yaitu bagaimana guru dalam mengajar walaupun dengan kadar yang berbeda. Kadarnya dapat dikategorikan sebagai berikut, Guru DW memiliki passion dalam kategori tinggi, guru MIR dalam kategori sedang, guru HS dalam kategori cukup tinggi dan guru Dk dalam kategori sedang. b) usaha dalam peningkatan kualitas diri, guru PAI memiliki banyak cara untuk meningkatkan kualitas diri, seperti: banyak membaca, mencari informasi dari berbagai sumber, diskusi dengan rekan, dan dengan adanya agenda supervise pada tiap semester. c) adanya pengakuan dan penghargaan, para guru PAI mendapatkan pengakuan dari rekan sesama guru atas kemampuannya dalam mengajar dan saling menghargai sesama. 2) ada beberapa peran passion pada guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu: a) guru yang memiliki passion akan meningkatkan kualitas diri, ketika seorang guru meliki kemajuan pada kualitas dirinya hal tersebut akan berimbas juga pada peningkatan kualitas pembelajaran. b) guru memiliki semangat saat mengajar yang dapat dicontoh oleh peserta didiknya. c) guru yang memiliki passion akan perhatian kepada peserta didiknya, hal tersebut karena guru menganggap peserta didik seperti dirinya sendiri yang membutuhkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: peran passion pada guru PAI, peningkatan kualitas pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2019 13:36
Last Modified: 16 Apr 2019 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum