STRATEGI ADAPTASI TAREKAT KHALWATIYAH AKMALIAH DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI DESA LUWUNG KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG)

LU’LU’ATUL IZZATIR ROHMANIYAH, NIM. 14540010 (2018) STRATEGI ADAPTASI TAREKAT KHALWATIYAH AKMALIAH DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI DESA LUWUNG KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ADAPTASI TAREKAT KHALWATIYAH AKMALIAH DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI DESA LUWUNG KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG))
14540010_BAB-I, V, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ADAPTASI TAREKAT KHALWATIYAH AKMALIAH DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI DESA LUWUNG KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN BATANG))
14540010_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Islam merupakan agama yang memiliki dua aspek, eksoteris yang sering diistilahkan sebagai syari’ah dan esoteris sebagai tasawuf. Dengan kata lain tasawuf merupakan bagian integral dari sistem ajaran Islam. Tasawuf telah membuka wawasan lebih luas tentang agama dan budaya lain, sejalan dengan agama Islam yang demikian terbuka dan tidak membedakan etnis, ras, budaya serta letak geografis. Dari pengalaman tasawuf inilah lahir tarekat yang mengajarkan pencarian makna agama sebagai simbol suci dengan menekankan pada aspek esoteris dibanding eksoteris melalui sistem wirid yang terstruktur dalam jumlah dan cara dibawah bimbingan mursyid. Perkembangan tarekat di Indonesia telah mencatatkan sejarah panjang, terutama dalam proses Islamisasi. Sehingga sampai saat ini tarekat tetap bertahan dan terus berkembang. Salah satunya adalah Tarekat Khalwatiyah Akmaliah dengan mursyidnya bernama Syekh Hizboel Wathony. Tarekat ini lahir dan berkembang di daerah perkotaan tepatnya di Jakarta Timur, tentu memiliki permasalahan sendiri dalam mempertahankan nilai-nilai tasawuf konvensional yang terkesan kuno di tengah hiruk pikuk perkotaan dengan segala kemajuan peralatan digitalnya. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi Tarekat Khalwatiyah Akmaliah dalam mempertahankan nilai-nilai tasawufnya dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelestarian nilai-nilai tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kulitatif. Sumber data primer didapatkan dari hasil observasi dan wawancara kepada pengikut Taekat Khalwatiyah Akmaliah yang berada di Desa Luwung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang serta masyarakat sekitar. Sumber data sekunder meliputi website, sosial media, dokumen dan buku-buku terkait. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori Struktural Fungsional dari Talcott Parsons serta beberapa teori pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa suatu sistem dapat bertahan jika mampu memenuhi fungsi-fungsinya. Tarekat Khlawatiyah Akmaliah berhasil menerapkan fungsi-fungsi pada sistemnya sehingga proses adaptasinya berhasil. Salah satu inovasinya adalah digital sufisme. Dimana penyampaian nilai-nilai tasawuf diajarkan melalui perantara digital dan ini memudahkan pengikut tarekat tersebar di seluruh belahan dunia dan jauh dari pusat kegiatan yang berada di Jakarta Timur. Uniknya penggunakan peralatan digital ini tidak mengurangi nilai kesakralan dalam prosesi dzikir dan kajian tasawuf bersama. Selain itu dengan digital sufisme ini Tarekat Khalwatiyah Akmaliah mampu menjadi sistem yang bersifat autopoiesis dengan jalan kontingensi. Membuktikan bahwa perpaduan antara hal ukhrowi seperti agama dan hal duniawi seperti teknologi dapat berjalan dengan baik tanpa adanya pemisahan (sekularisasi) karena dianggap mengganggu satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Phil. Al Makin, S. Ag., M. A.
Uncontrolled Keywords: adaptasi, era digital, struktural fungsional, sekularisasi, Tarekat Khalwatiyah Akmaliah.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Apr 2019 14:27
Last Modified: 16 Apr 2019 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum