PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN TARIKH KELAS II MARHALAH II DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

Nisa Aghistin Nuril Amalia Maulidia, NIM. 13410095 (2019) PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN TARIKH KELAS II MARHALAH II DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN TARIKH KELAS II MARHALAH II DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
13410095_BAB-1_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN TARIKH KELAS II MARHALAH II DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
13410095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan metode permainan edukatif yang digunakan dalam pembelajaran tarikh di kelas II Marhalah II dapat menumbuhkan motivasi belajar siswi. Dalam pembelajaran tarikh guru kerap menggunakan metode yang monoton sehingga siswi merasa jenuh ketika pembelajaran. Pembelajaran tarikh kelas II Marhalah II di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri menggunakan metode permainan edukatif untuk menumbuhkan motivasi belajar siswi dan juga yang melatarbelakangi penelitian ini, bagaimana metode permainan edukatif yang digunakan dalam pembelajaran tarikh kelas II Marhalah II. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah mengapa permainan edukatif penting dalam pembelajaran tarikh, bagaimana proses pembelajaran tarikh kelas II Marhalah II, dan bagaimana hasil penerapan metode permainan edukatif dalam pembelajaran tarikh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan metode permainan edukatif yang digunakan dalam pembelajaran tarikh kelas II Marhalah II. Penelitian ini merupakan jenis penelitan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan menggunakan seluruh data yang ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian (1) Metode permainan edukatif penting dalam pembelajaran tarikh karena mampu menuntut siswa untuk berperan aktif dan dalam mengikuti pembelajaran siswi terlihat sangat antusias. Kondisi kelas pun ketika pembelajaran berlangsung terasa menyenangkan karena siswi menikmati permainan yang sedang berlangsung. (2) Proses pembelajaran dengan sistem presentasi dimana dua orang siswi yang satu memaknai kitab (megoni) dan yang satu menjelaskan pegonan yang sudah diterjemah kedalam bahasa indonesia. Adapaun jenis permainan yang digunakan adalah crossword puzle (teka-teki), bola bergulir, index card match (menjodohkan kartu) dan permainan kuis. (3) Metode permainan edukatif memacu siswi dalan proses pembelajaran tarikh karena dengan metode permainan edukatif siswi menjadi aktif. Hal ini dibuktikan dengan obervasi dan wawancara, mereka memberikan tanggapan bahwa dengan permainan edukatif memberikan rangsangan aktif dalam proses pembelajaran yaitu ketertarikan dalam diri siswi dalam mengikuti pembelajaran tarikh, menambah semangat belajar, daya ingat lebih dari biasanya serta mereka pun ada disuatu permainan atau ikut andil di dalam pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr, Muqowim., S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: permainan edukatif, pembelajaran tarikh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2019 14:47
Last Modified: 16 Apr 2019 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum