PERANAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PRIBADI ISLAMI MASYARAKAT KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

Rina Dwi Hartanti, NIM. 13410122 (2018) PERANAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PRIBADI ISLAMI MASYARAKAT KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PRIBADI ISLAMI MASYARAKAT KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG)
11120090_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PERANAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PRIBADI ISLAMI MASYARAKAT KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di dalam masyarakat sekitar yaitu masyarakat kampung guru seringkali terpandang sebagai tokoh teladan bagi orang-orang sekitar baik dalam sikap dan perbuatannya. Di era globalisasi ini peran guru sangatlah penting meskipun informasi apapun yang dibutuhkan bisa langsung diterima tidak hanya dari guru. Pendidikan yang sangat dibutuhkan di era globalisasi ini adalah pendidikan akhlak. Peningkatan pemahaman tentang akhlak berdasarkan Islam atau disebut akhlak pribadi islami masih sangat perlu khususnya untuk para Muslim. Melihat kasus-kasus yang terjadi di Indonesia membuktikan bahwa masih ada umat Islam yang tidak berakhlak baik atau kurang sesuai dengan akhlak islami. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana peran sosial guru PAI dalam meningkatkan akhlak pribadi islami masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki lebih lanjut tentang peranan sosial guru PAI di lingkungan tempat tinggalnya, peran sosial guru PAI dalam meningkatkan akhlak pribadi islami masyarakat dan tanggapan masyarakat terhadap peran guru PAI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peranan sosial guru PAI SD Negeri yang sudah PNS di lingkungan tempat tinggalnya ada yang banyak menjalankan peranan dan ada yang sedikit peranannya. (2) Peranan sosial guru PAI SD Negeri yang sudah PNS dalam meningkatkan akhlak pribadi islami masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya yaitu peranan sosial guru PAI dalam kegiatan Yasinan, peranan sosial guru PAI menjadi Khatib, guru ngaji, konsultan masyarakat, dan peranan sosial guru PAI dalam menjalin silaturrahim door to door. (3) Peranan sosial guru PAI SD Negeri yang sudah PNS dalam meningkatkan akhlak pribadi islami masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya mendapat respon yang berbeda-beda. Respon positif berupa dukungan, kemauan untuk terlibat dan keinginan untuk mempertahankan peran dari guru PAI tersebut. Sedangkan respon negatif ditunjukkan dengan tidak mau mengikuti apa yang menjadi gagasan guru PAI tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Peranan Sosial, Akhlak Pribadi Islami
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:39
Last Modified: 16 Apr 2019 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum