ANALISA DAMPAK KETERBUKAAN PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DI ASIA TAHUN 2005-2017

BASID HADI NOVIAN, NIM. 15810029 (2019) ANALISA DAMPAK KETERBUKAAN PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DI ASIA TAHUN 2005-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA DAMPAK KETERBUKAAN PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DI ASIA TAHUN 2005-2017)
1. NIM. 15810029-COVER BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISA DAMPAK KETERBUKAAN PERDAGANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA-NEGARA BERKEMBANG DI ASIA TAHUN 2005-2017)
2. NIM. 1581002-BAB II, III, IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keterbukaan perdagangan terhadap pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang di Asia yaitu Vietnam, Indonesia, Laos, Pakistan, Nepal, Kamboja, Filipina, dan Cina dalam periode penelitian tahun 2005-2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data panel dinamis Sistem-Generalized Method of Moment (System-GMM). Tujuan analisis penelitian ini digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen, yaitu keterbukaan perdagangan, investasi asing langsung atau foreign direct invesment, pengeluaran pemerintah, dan tingkat partisipasi angkatan kerja atau labor force participation, terhadap variabel dependen yaitu pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan hasil uji wald, penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen bersama-sama bepengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang di Asia. Sementara berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan variabel keterbukaan perdagangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel pengeluaran pemerintah dan inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan variabel investasi asing langsung dan tingkat partisipasi angkatan kerja tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini merekomendasikan akan pentingnya peningkatan ekspor dan penekanan pengeluaran pemerintah dan inflasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh, Rudi Nugroho, S.E., M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Keterbukaan Perdagangan, Negara-Negara Berkembang di Asia
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:42
Last Modified: 18 Apr 2019 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum