KONSEP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK MENURUT TEORI KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Iqbal Abdillah, NIM. 13410191 (2019) KONSEP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK MENURUT TEORI KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK MENURUT TEORI KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
13410191_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK MENURUT TEORI KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
13410191_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam rangka untuk mengkaji dan memahami tentang konsep teori konvergensi yang dicetuskan oleh William Stern dalam hal pembentukan kepribadian anak, yang kemudian disublimasikan dengan pendidikan Islam. Dalam teori konvergensi ini, dinyatakan bahwa pembentukan kepribadian merupakan perpaduan antara faktor lingkungan dan pembawaan. Faktor-faktor yang berperan dalam pembentukan kepribadian tidak dapat berdiri sendiri-sendiri. Artinya kedua faktor itu bagaikan tali temali yang saling berpengaruh dalam pembentukan kepribadian anak. Adapun dalam menelaah konsep yang ditawarkan konvergensi dalam pendidikan Islam ini, senantiasa bersandar dengan Al Quran dan Hadist. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan library research atau telaah pustaka. Adapun analisis kajian dalam penelitian ini dengan cara, jika data telah terkumpul, dilakukan analisis data secara kualitatif dengan instrumen analisis deduktif, intepretatif dan komparatif. Deduksi merupakan langkah analisis dari hal-hal yang besifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus. Sedangkan intepretatif artinya menafsirkan, membuat tafsiran , tetapi yang tidak bersifat subyektif (menurut selera orang yang menafsirkan) melainkan bertumpu pada fakta obyektif untuk mencapai kebenaran yang obyektif, dalam hal ini yang menjadi tumpuan adalah Al quran dan hadits. Hasil kajian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut: 1) Dalam konsep pembentukan kepribadian anak yang ditawarkan oleh teori konvergensi, bahwa pembentukan kepribadian anak itu ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor keturunan dan lingkungan. Jika yang berpengaruh dalam pembentukan kepribadian hanya salah satu dari kedua faktor tersebut maka teori konvergensi tidak menerimanya. Sehingga, teori konvergensi itu ada dalam rangka untuk mengambil peran dalam menanggapi dua aliran yang saling bertentangan, yaitu antara teori nativisme dan empirisme. 2) Teori konvergensi dalam perspektif pendidikan Islam yang berkaitan dengan pembentukan kepribadian memiliki satu sisi kesamaan dengan teori konvergensi yang menganggap bahwa pembentukan kepribadian anak dipengaruhi oleh dua faktor. Akan tetapi, disisi lain ada titik ketidaksamaan antara pendidikan Islam dengan teori konvergensi, yaitu dalam pendidikan Islam pembentukan kepribadian anak, selain ditentukan oleh faktor turunan dan lingkungan, yaitu adanya faktor ketentuan Allah (takdir).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Kepribadian, Konvergensi, Pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:40
Last Modified: 18 Apr 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum