UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

SILMA UDLKHIYA RIKHMAWATI, NIM. 14410013 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
1410013_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
1441013_BAB-II_III(TERAKHIR).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Kemajemukan informasi Pendidikan Agama Islam dari berbagai sumber informasi sangat berpengaruh dalam membentuk sikap keberagaman siswa. Penyerapan informasi Pendidikan Agama Islam yang tidak sesuai, dapat menyimpang dari tujuan pendidikan bangsa dan menyebabkan masalah-masalah sosial keagamaan. Oleh sebab itu, siswa perlu memiliki kemampuan literasi informasi agar dapat mengetahui kebutuhan informasinya, serta menyaring dan mengkritisi informasi yang diterima. Disekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan pustakawan dapat menjadi pionir pengembang kemampuan literasi informasi siswa. Keduanya dapat berkerja sama untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan literasi di SMP Negeri 8 Yogyakarta, serta mengetahui upaya guru dan pustakawan dalam mengembangkan literasi informasi Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan subjek dua oang guru Pendidikan Agama Islam dan dua pustakawan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Kesimpulan dari penelitian ini diambil setelah melakukan pemilihan data sesuai dengan rumusan masalah dan di uji keabsahan data dengan menggunakan tehnik trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SMP Negeri 8 Yogyakarta memiliki iklim literasi yang baik di dukung dengan adanya pembiasaan dan pembelajaran kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pojok baca sekolah, dan taman baca sekolah. 2) Untuk mengembangkan literasi informasi Pendidikan Agama Islam siswa, guru melakukan upaya diantaranya: melaksanakan pembelajaran berbasis sumber informasi, memberikan penugasan kepada siswa, latihan dengan soal-soal analisis, permodelan guru, dan berkolaborasi dengan perpustakaan sekolah. 2) Untuk mengembangkan literasi informasi Pendidikan Agama Islam siswa, pustakawan malakukan upaya diantaranya: melaksanakan program kerja dan pelayanan yang mendukung perkembangan literasi informasi Pendidikan Agama Islam, mengadakan koleksi Pendidikan Agama Islam sebagai sumber Informasi, penulisan majalah sekolah BAWARA, dan berkolaborasi dengan guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Guru, Pustakawan, Literasi Informasi,Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 15:36
Last Modified: 18 Apr 2019 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum