NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI JURUSAN PEMASARAN

Diana Wahyu Nurrohmah, NIM.14410040 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI JURUSAN PEMASARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI JURUSAN PEMASARAN)
14410040_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI JURUSAN PEMASARAN)
14410040_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari perkembangan dunia yang menapaki zaman milenial 4.0 diiringi perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih menjadikan daya saing sumber daya manusia menjadi sangat tinggi. Negara tentu tidak bisa tinggal diam melihat kondisi tersebut, karena salah satu tujuan negara yaitu menciptakan kesejahteraan umum. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, pemerintah telah membuat berbagai macam pendidikan formal, salah satunya yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Melalui jalur pendidikan tersebut diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia dengan kualitas global dengan tetap berpegang teguh terhadap budaya lokal beserta nilai-nilai keagamaan yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran kewirausahaan dan mengungkapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang ada dalam pembelajaran kewirausahaan kelas XI jurusan pemasaran di SMK Negeri 2 Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, serta uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Temanggung memiliki tujuan untuk menanamkan sikap wirausaha pada diri siswa, serta menciptakan lulusanlulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri baik bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat luas. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru selalu menyampaikan contoh-contoh konkret yang ada dalam kehidupan. Guru juga menyampaikan nasehat-nasehat tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dikaitkan dengan materi pelajaran yang dipelajari. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membangun siswa menjadi pribadi yang berkarakter. 2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran kewirausahaan kelas XI jurusan pemasaran di SMK Negeri 2 Temanggung meliputi dua aspek yaitu aspek aqidah dan akhlak (nilai kejujuran, kedisiplinan, kebersihan, kerja keras, tanggung jawab, dan ramah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kewirausahaan, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:01
Last Modified: 18 Apr 2019 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum