PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS X DI SMKN 1 PENGASIH KULON PROGO

WIDYA FARIDHATUL JANNAH, NIM. 14410075 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS X DI SMKN 1 PENGASIH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS X DI SMKN 1 PENGASIH KULON PROGO)
14410075_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS X DI SMKN 1 PENGASIH KULON PROGO)
14410075_BAB-II_sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina Berbasis Kontekstual yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar peserta didik di SMKN 1 Pengasih. (2) Mengetahui pengembangan kontekstual yang diterapkan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam pada multimedia pembelajaran Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina Berbasis Kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Development), dengan mengambil latar belakang SMKN 1 Pengasih. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4-D (four D model) yang dikemukakan Thiagarajan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara data validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengembangan multimedia pembelajaran Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina Berbasis Kontekstual yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar peserta didik di SMKN 1 Pengasih adalah sebagai berikut: (a) Proses Pengembangan Multimedia Pembelajaran Adobe Flash PAI berbasis Kontekstual di SMKN 1 Pengasih dimulai dengan melakukan analisis pengembangana multimedia pembelajaran yang terdiri dari, analisis pengembangan dan pengembangan produk. Analisi pengembangan meliputi analisis awal-akhir dan analisis konsep dan tugas. Sedangkan pengembangan produk meliputi pengembangan dari segi materi dan multimedia. Multimedia pembelajarab PAI berdasarkan uji kelayakan produk oleh ahli materi dengan skor 4.65 (kategori sangat baik), ahli media dengan skor 4,58 (kategori sangat baik), uji coba terbatas dengan skor 3,2 (kategori cukup baik), dan uji coba lapangan dengan skor 3,75 (kategori baik). (b) Produk multimedia pembelajaran PAI sebelum disebarluarskan, diuji kelayakannya terlebih dahulu. Produk di uji kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, kemudian melakukan uji coba terbatas hingga uji coba lapangan. Masing-masing terdapat kritik dan saran yang nantinya dijadikan bahan revisi oleh peneliti. (2) xi Pengembangan kontekstual yang diterapkan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam pada multimedia pembelajaran Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina Berbasis Kontekstual diterapkan oleh guru mata pelajaran di setiap tahapan pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Tahapan mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti hingga kegiatan akhir diterapkan pengembangan kotekstual sesuai dengan langkah kontekstual yang dipadukan dengan multimedia pembelajaran PAI yang dikembangkan oleh peneliti seperti, keterkaitan relevansi, pengalaman langsung, aplikasi, kerja sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Much Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Multimedia Adobe Flash, Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Kontekstual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:21
Last Modified: 18 Apr 2019 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum