IMPLEMENTASI KURIKULUM ṬALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN DI ISLAMIC LEADERSHIP PESANTREN TARUNA PANATAGAMA WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL

ROHMAH SUNTARI, NIM. 14410094 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM ṬALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN DI ISLAMIC LEADERSHIP PESANTREN TARUNA PANATAGAMA WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM ṬALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN DI ISLAMIC LEADERSHIP PESANTREN TARUNA PANATAGAMA WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL)
14410094_BAB-I_IV-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM ṬALAQQIYAN FIKRIYAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN DI ISLAMIC LEADERSHIP PESANTREN TARUNA PANATAGAMA WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL)
14410094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya kurikulum mampu mencetak siswa-siswi yang memiliki karakter kepemimpinan.Tentunya karakter kepemimpinan yang dibangun adalah karakter kepemimpinan dalam kacamata Islam. Maka kurikulum yang diterapkan semestinya bisa menjadi sarana bagi siswa-siswi untukmempersiapkan dirinya menjadi pemimpin. Namun pada realitanyapergantian kurikulum yang dilakukan hingga saat ini belumsepenuhnya mampu mencetak siswa yang memiliki karakterkepemimpinan, bahkan justru sekolah menjadi tempat yang tidakdiminati. Di Yogyakarta hadir sebuah lembaga pendidikan yangberusaha untuk memecahkan persoalan dengan mengusung konsepkurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang implementasi kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan dalammembentuk karakter kepemimpinan. Yang menjadi masalah dalampenelitian ini adalah bagaimana implementasi kurikulum ṭalaqqiyanfikriyan, bagaimana faktor penghambat , pendukung dan dampakimplementasi kurikulum ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana implementasi kurikulum ṭalaqqiyan fikriyan dalammembentuk karakter kepemimpinan, pembentukan karakterkepemimpinan, faktor penghambat, pendukung implementasikurikulum ṭalaqqiyan fikriyan.Penelitian ini merupakan penelitian field research. Adapunpengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Implementasi Kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan di Pesantren Taruna Panatagama dapat dilihat pada 4 komponen kurikulumnya yaitu dari komponen tujuan, isi,strategi dan evaluasi. 2) Pembentukan Karakter Kepemimpinan dalamimplementasi kurikulum ṭalaqqiyan fikriyan tercermin dalam masingmasingkomponen kurikulum. 3) Faktor pendukung penerapankurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan mencakup empat hal yaitu ; a) Santri.Kesiapan santri dalam menerima keadaan sekolah yang anti mainstream sangat mendukung terselenggaranya kurikulum ṬalaqqiyanFikriyan. b) Guru. Tidak hanya santri yang menjadi faktor pendukung,guru juga perlu memiliki pemahaman yang sama dan siap menerima kondisi sekolah yang anti mainstream c) Masyarakat. Respon masyarakat terhadap keberadaan Pesantren Taruna Panatagama cukupbaik. Sementara dampak implementasi Kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyandi Pesantren Taruna Panatagama yaitu terbentuk karakterkepemimpinan yang meliputi mencintai kebenaran; dapat menjagamanah dan kepercayaan orang lain, ikhlas dan memiliki semangatpengabdian, baik dalam pergaulan masyarakat serta bijaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Ṭalaqqiyan Fikriyan, Karakter Kepemimpinan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:28
Last Modified: 18 Apr 2019 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum