IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

TUTUT YUDA LESMANA, NIM. 14410098 (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
14410098-BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
14410098_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Seiring dengan perkembangan zaman, kualitas nilai pada pendidikan karakter di Indonesia harus mengalami perbaikan dari tahun ketahun. Itulah sebabnya pada 2017, pemerintah menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter dengan lima nilai utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan inegrias. PPK menuntut sinergi tiga pusat pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat, dengan tiga basis pelaksanaan yaitu basis kelas, budaya sekolah dan budaya masyarakat. Dengan basis kelas diharapkan proses pembelajaran di kelas tidak hanya penanaman pengetahuan namun juga proses penanaman karakter. Itulah yang kemudian dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1 Depok sebagai salah satu sekolah piloting PPK di Provinsi Yogyakarta dengan tujuan perbaikan kualitas pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi PPK berbasis kelas khususnya pada mata pelajaran PAI yang merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak memuat nilai-nilai Islami dari implementasi tersebut terhadap karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang bersifat kualiatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekaan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan juga dokumentasi dengan subjek penelitian guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum dan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Sedangkan analisis data menggunakan triangulasi dengan empat tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, verification dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas pada mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Depok menekankan kepada keteladanan lima nilai utama PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Dalam pelaksanaannya PPK berbasis kelas di SMP Muhammadiyah 1 Depok terintegrasi melalui kurikulum, yaitu materi pembelajaran (Aqidah Akhlak, Al-Quran hadist, Fiqih, dan Tarikh), RPP dan penilaian; manajemen kelas yaitu pengelolaan fisik dan psikis peserta didik dengan menekankan kepada lima nilai PPK di setiap kegiatannya. serta pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran. Pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran PAI, bisa membentuk karakter Islami dalam diri peserta didik secara maksimal. (2) Hasil dari Implementasi nilai-nilai PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas tercermin dalam karakter psesrta didik baik di dalam kelas, di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Kelas, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:34
Last Modified: 18 Apr 2019 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum