HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELAS B DI TK ABA SIDOHARJO, POLANHARJO, KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

MUSLIMAH CHUSNANDARI, NIM. 13430044 (2018) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELAS B DI TK ABA SIDOHARJO, POLANHARJO, KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELAS B DI TK ABA SIDOHARJO, POLANHARJO, KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018)
13430044_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELAS B DI TK ABA SIDOHARJO, POLANHARJO, KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018)
13430044_BAB II_BAB III_BAB IV_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap pola asuh orangtua dengan permasalahan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana tipe pola asuh orangtua pada anak Kelas B di TK ABA Sidoharjo, 2) Bagaimana tingkat perkembangan kognitif pada anak Kelas B di TK ABA Sidoharjo, 3) Bagaimana hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan kognitif anak di TK ABA Sidoharjo khususnya kelas B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif koresional dengan populasi kelas B TK ABA Sidoharjo yaitu sebanyak 28 anak. Karena populasi kurang dari 100 maka sampel diambil keseluruhan dari populasi kelas B Di TK ABA Sidoharjo yaitu sebanyak 28 anak. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan chi square dan teknik product moment dengan bantuan program komputer SPSS versi 18 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pola asuh orang tua yang diterapkan kepada anak kelas B TK ABA Sidoharjo yaitu pola asuh orang tua otoriter sebesar 53,6 %, pola asuh demokrasi sebesar 39,3 % dan pola asuh permisif sebesar 7,1 %. Tingkat perkembangan kognitif anak kelas B di TK ABA Sidoharjo meliputi perkembangan kognitif yang baik dengan persentase sebesar 14,3 %, perkembangan kognitif yang cukup baik sebesar 71,4 % dan perkembangan kognitif yang kurang baik sebesar 14,3 %. Kemudian terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orangtua dengan perkembangan kognitif anak, dibuktikan dari hasil chi square dengan Asymp. Sig. sebesar 0,030 yang angka probabilitasnya di bawah 0,05. Selanjutnya dari ketiga pola asuh orangtua yang memiliki hubungan positif dengan perkembangan kognitif adalah pola asuh demokrasi yang dibuktikan dari hasil r= 0, 744 n p=0,000. Dengan adanya demikian bahwa pola asuh demokrasi yang diterapkan dengan baik akan mendorong perkembangan kognitif yang baik. Hubungan pola asuh otoriter dan pola permisif dengan perkembangan kognitif tidak terdapat hubungan yang positif dilihat dari hasil yang jauh dari angka 1. Kesimpulannya bahwa terdapat hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan kognitif anak atau anak dengan pola asuh demokrasi akan memberikan perkembangan kognitif yang baik, sedangkan anak dengan pola asuh otoriter akan memberikan perkembangan kognitif yang cukup atau kurang baik, begitu juga anak dengan pola asuh permisif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Perkembangan Kognitif.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:54
Last Modified: 18 Apr 2019 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34676

Actions (login required)

View Item View Item