ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI DIY DAN NANGGROE ACEH DARUSSALAM

SARMADA RAHMAH, NIM. 15810069 (2019) ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI DIY DAN NANGGROE ACEH DARUSSALAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI DIY DAN NANGGROE ACEH DARUSSALAM)
15810069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI DIY DAN NANGGROE ACEH DARUSSALAM)
15810069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terjadinya flypaper effect pada belanja daerah kabupaten dan kota di Provinsi DIY dan NAD. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan bukti empiris terjadinya flypaper effect pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH) dan Jumlah Penduduk terhadap Belanja Daerah kabupaten/kota di Provinsi DIY dan NAD. Dalam hal ini, variabel dependen yang digunakan adalah Belanja Daerah dan variabel independen yang digunakan adalah PAD, DAU, DAK dan DBH serta menggunakan variabel kontrol yaitu jumlah penduduk. Objek penelitian ini ada 5 kabupaten/kota di DIY dan 26 kabupaten/kota di NAD dengan sumber data yang diperoleh dari Laporan Realisasi APBD 2013-2017. Desain penelitian ini menggunakan model pengujian hipotesis dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk data panel. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah panel dinamis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PAD dan DAU berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah, sedangkan DAK dan DBH berpengaruh negatif dan tidak signifikan dan pada penelitian ini terjadi fenomena flypaper effect pada kabupaten dan kota di Provinsi DIY dan NAD pada tahun 2013-2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Rudi Nugroho, SE., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: belanja daerah, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH) dan flypaper effect
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2019 10:42
Last Modified: 18 Apr 2019 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum