TANGGAPAN SISWA TERHADAP STIKER DOA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEBIASAAN MEMBACA DOA DI SMP NEGERI 3 KALASAN

ARDIKA RISKI RAHMAWAN, NIM. 14410109 (2019) TANGGAPAN SISWA TERHADAP STIKER DOA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEBIASAAN MEMBACA DOA DI SMP NEGERI 3 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANGGAPAN SISWA TERHADAP STIKER DOA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEBIASAAN MEMBACA DOA DI SMP NEGERI 3 KALASAN)
14410109_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (TANGGAPAN SISWA TERHADAP STIKER DOA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEBIASAAN MEMBACA DOA DI SMP NEGERI 3 KALASAN)
14410109_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keberadaan stiker doa di SMP Negeri 3 Kalasan yang merupakan media grafis. Sebagai salah satu bentuk media grafis, stiker doa diharapkan mampu menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat mengetahui dan mengingat doa sehari-hari. Selain itu, stiker doa juga diharapkan dapat membentuk kebiasaan siswa untuk membaca doa. Keberadaan stiker doa ditanggapi oleh siswa secara beragam. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan dan menganalisis secara kritis tentang tanggapan siswa terhadap stiker doa di sekolah dan implikasi tanggapan siswa terhadap stiker doa di sekolah terhadap kebiasaan membaca doa di SMP Negeri 3 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 3 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi metode dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tanggapan siswa terhadap stiker doa di sekolah adalah tanggapan yang positif. Tanggapan positif adalah tanggapan yang memiliki kecenderungan untuk mendekati, menyukai, dan mengharapkan suatu objek. Dalam memberikan tanggapan tentang keberadaan stiker doa di sekolah, keseluruhan siswa mengetahui keberadaan stiker doa serta macam doa dan tempat keberadaan stiker doa di sekolah. Dalam memberikan tanggapan tentang urgensi stiker doa di sekolah, semua siswa menilai bahwa stiker doa dibutuhkan siswa untuk dapat membantu siswa dalam mengenal doa sehari-hari di sekolah. Sementara itu, siswa memberikan tanggapan sesuai pada ukuran stiker doa, penempatan stiker doa, jumlah stiker doa, dan huruf yang dipakai dalam stiker doa. Ada beberapa siswa yang memberikan tanggapan kurang menarik pada pemilihan warna yang digunakan dalam stiker doa. Tanggapan siswa terhadap tingkat perhatian siswa terhadap stiker doa, sebagian besar siswa sering memperhatikan stiker doa di sekolah. (2) Tanggapan siswa terhadap stiker doa di sekolah yang positif, belum berimplikasi terhadap kebiasaan membaca doa siswa. Implikasi dari keberadaan stiker doa di sekolah baru pada tahap mengenalkan siswa pada doa sehari-hari dan mengingatkan siswa untuk membaca doa. Perlu ada peranan guru dan sekolah dalam membentuk kebiasaan membaca doa untuk mendukung keberadaan stiker doa di sekolah. Selain itu, ada faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kebiasaan membaca doa. Faktor internal berupa intelegensi, minat, motivasi, dan tujuan membaca. Faktor eksternal berupa sarana membaca, latar belakang sosial dan ekonomi, dan tradisi membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Indra Fajar Nurdin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa, Stiker Doa, Kebiasaan Membaca
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 11:01
Last Modified: 18 Apr 2019 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum