UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN KOLASE KELOMPOK A2 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DIAN LUKLUIL FITHRI, NIM. 14430005 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN KOLASE KELOMPOK A2 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN KOLASE KELOMPOK A2 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14430005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN KOLASE KELOMPOK A2 DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14430005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kemampuan keaksaraan anak kelompok A2 RA DWP UIN Sunan kalijaga yang masih menunjukkan kondisi rendah. Dari keseluruhan anak yang berjumlah 13, yang dapat menyebutkan simbol dan bunyi huruf dengan benar dan tanpa bantuan dari guru hanya ada 2 anak. Hal ini dapat disebabkan oleh kurang menariknya kegiatan pembelajaran yang diberikan guru sehingga anak kurang termotivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kemampuan keaksaraan anak sebelum diadakannya media bermain kolase, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan kolase dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak, dan (3) mengetahui seberapa besar perubahan keaksaraan anak setelah diadakannya kegiatan bermain kolase. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara partisipan. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok A2 RA DWP UIN Sunan Kalijaga yang berjumlah 13 anak. objek yang diteliti adalah kemampuan keaksaraan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (check list). Dan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan keaksaraan anak kelompok A2 di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat ditingkatkan dengan media bermain kolase. Anak dapat mengingat setiap bentuk huruf ketika sedang bermain kolase, mengenal bunyi huruf, mandiri dalam mengerjakan dan bersemangat dalam kegiatan.hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatana kemampuan keaksaraan anak yaitu pada kondisi pratindakan sebesar 52,88%, meningkat pada siklus I menjadi 68,75% , dan pada siklus ke II meningkat sebesar 81,73%. Dari kondisi awal sampai siklus II terjadi peningkatan sebesar 28,85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keaksaraan, kegiatan kolase, Anak kelompok A2
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:05
Last Modified: 18 Apr 2019 04:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item View Item