DAMPAK DANA ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA

ANNISA KUMALA SARI, NIM. 15810055 (2019) DAMPAK DANA ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK DANA ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA)
15810055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK DANA ZAKAT PRODUKTIF BAZNAS TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA)
15810055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam rangka merevitalisasi fungsi zakat yaitu dari tujuan konsumtif menjadi produktif, dana zakat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pemberdayaan ekonomi umat melalui pengembangan usaha yang produktif. Hal ini sekaligus agar kegiatan ekonomi mustahiq dapat tumbuh dan berkembang sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama bagi usaha mikro. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Dampak Dana Zakat Produktif BAZNAS terhadap Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah Mustahiq di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengelolaan data yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat analisis IBM SPSS 24.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pendayagunaan dana zakat, pendistribusian dana zakat dan pendampingan usaha secara statistik terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Secara parsial penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendayagunaan dana zakat secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Variabel pendistribusian dana zakat secara statistik tidak berpengaruh terhadap pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan nilai signifikansi sebesar 0,242 ≤ 0,05. Variabel pendampingan usaha secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 ≤ 0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibi Satibi, S.H.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dana Zakat, Pendayagunaan, Pendistribusian, Pendampingan, Pemberdayan
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:12
Last Modified: 18 Apr 2019 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum