OPTIMALISASI FUNGSI EDUKASI MASJID (Studi Aktifitas Pembelajaran Keislaman di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Sakha Fatkhul Karim, NIM. 15410206 (2019) OPTIMALISASI FUNGSI EDUKASI MASJID (Studi Aktifitas Pembelajaran Keislaman di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI EDUKASI MASJID (Studi Aktifitas Pembelajaran Keislaman di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta))
15410206_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI EDUKASI MASJID (Studi Aktifitas Pembelajaran Keislaman di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta))
15410206_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan data yang ada, saat ini jumlah masjid yang berada di Indonesia kurang lebih mencapai delapan ratus ribu masjid. Keberadaan masjid ini menjadi salah satu indikator bagi berkembangnya agama Islam di suatu daerah. Berkembangnya kuantitas jumlah masjid harus dibarengi dengan berkembangnya kualitas peran dan fungsi masjid. Yakni memfungsikan masjid sebagaimana yang teah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid mulai difungsikan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, khususnya dalam bidang pendidikan. Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga merupakan salah satu masjid yang memberdayakan masjid sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW khususnya dalam bidang pendidikan. Berbagai kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan kajian rutin ba‟da magrib, sarasehan isu-isu aktual, hingga pelatihan perawatan jenazah mulai dilakukan. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok masalah tentang bagaimana proses pembelajaran yang diselenggarakan di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta, mulai dari model pembelajaran, strategi pembelajaran, hingga metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang mana dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan datanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah pendekatan naturalistik, yakni guna mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam pembelajaran keislaman yang diselenggarakan di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam pembelajaran keislaman adalah dengan diadakannya berbagai macam kegiatan khususnya kegiatan dalam hal pendidikan. Mulai dari kegiatan kajian rutin ba‟da magrib hingga kajian tahunan yang bersifat nasional seperti Sarasehan isu aktual dan pelatihan-pelatihan. 2) Model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan kajian atau dalam proses pembelajaran di Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah Model Pembelajaran Langsung, Kontekstual, dan Berbasis Masalah. Adapun strategi yang diterapkan dalam penyampaian materi adalah strategi pembelajaran reading alound. Selain model dan strategi dalam penyampaiannya pemateri kajian seringkali menggunakan metode pembelajaran sebagai berikut : metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan seminar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M. A
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Agama, Masjid, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Apr 2019 13:27
Last Modified: 18 Apr 2019 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum