IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERHITUNG DALAM SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

ULFAH NUR FIKRI, NIM. 14430024 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERHITUNG DALAM SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERHITUNG DALAM SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14430024_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERHITUNG DALAM SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14430024_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Berhitung anak usia dini menimbulkan banyak pro kontra di masyarakat karena dianggap menekan anak dan pemaksaan belajar sehingga berdampak buruk pada mental anak. Beberapa Sekolah Dasar (SD) banyak yang memberikan tes baca, tulis, dan hitung (calistung) kepada calon muridnya. Media sosial maupun media massa juga banyak yang menyebarkan isu-isu terkait dengan tidak diperbolehkannya pembelajaran berhitung diterapkan pada anak usia dini karena berdampak buruk pada mental anak. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, dengan tema mengenai pembelajaran behitung dalam sentra persiapan yang dilaksanakan di TK Islam Plus Mutiara yang berada di Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai bentuk pengambilan data. Analisis data dengan yang sudah dikumpulkan kemudian ditarik dengan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan tentang pembelajaran berhitung anak usia dini dalam sentra persiapan menunjukan bahwa: (1) pembelajaran berhitung dalam sentra persiapan dilakukan dalam empat pijakan main, yaitu (a) pijakan lingkungan main diantaranya, pendidik mempersiapkan dan menata alat main, tali, LKA dan main pembukaan sederhana. (b) pijakan pengalaman sebelum main diantaranya, pendidik menjelaskan tema dengan kehidupan sehari-hari, dan aturan main. (c) pijakan selama main diantaranya, pendidik berkeliling, memberikan motivasi dan bantuan pada anak yang belum bisa menggunakan alat main. (d) pijakan pengalaman setelah main diantaranya memberikan pertanyaan kegiatan yang dilakukan selama main. Secara keseluruhan kegiatan main di sentra persiapan menggunakan media benda-benda konkrit seperti kancing, kerikil, manik-manik, dan gambar yang biasanya dipadukan dengan cerita, bernyanyi, permainan, dan quiz. (2) hasil dari media tersebut mampu mengenal simbol angka 1-20, melatih motorik halus, mampu membedakan ukuran benda, mampu menghitung dari kecil ke besar atau sebaliknya, melatih konsentrasi, mampu melafalkan angka dengan sempurna,(3) faktor pendukung pembelajaran berhitung menggunakan media benda konkrit dan gambar, kerja sama pendidik, keluarga, dan teman main yang membuat anak termotivasi menjadi lebih optimal. Adapun faktor penghambat pembelajaran berhitung media yang digunakan tidak lengkap, menggunakan tulisan atau bacaan dalam pembelajarannya, dan ruang sentra yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berhitung, Anak Usia Dini, Sentra Persiapan
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Apr 2019 14:05
Last Modified: 18 Apr 2019 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum