PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA PADA ANAK DI KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU BANYUBIRU MAGELANG

ZUNITA FAHMI, NIM. 14430030 (2018) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA PADA ANAK DI KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU BANYUBIRU MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA PADA ANAK DI KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU BANYUBIRU MAGELANG)
14430030_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KOSAKATA PADA ANAK DI KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU BANYUBIRU MAGELANG)
14430030_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kosakata pada anak di TK Muslimat NU Banyubiru. Pengembangan kosakata pada anak dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa anak. Kegiatan bercerita merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak.Penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran dapat membantu perkembangan bahasa anak dengan menambah pembendaharaan kosakata, mengembangkan kosakata, mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan serta hasil metode bercerita untuk mengembangkan kosakata di kelompok A TK Muslimat NU Banyubiru Magelang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode bercerita untuk mengembangkan kosakata di kelompok A TK Muslimat NU Banyubiru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,dokumentasi dan triangulasi. Objek penelitian ini adalah penerapan metode bercerita. Dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan peserta didik kelas A1. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode bercerita di TK Muslimat NU Banyubiru yang berlangsung pada awal pengenalan tema atau pada saat penutupan pembelajaran, guru bercerita sesuai tema hari itu. Guru bercerita dengan tanpa alat peraga dan dengan menggunakan alat peraga.Hasil dari penerapan metode bercerita yaitu bertambahnya kosakata anak, berkembangnya kosakata anak, anak semakin terampil untuk berbahasa dan anak lebih aktif dalam berinteraksi. Faktor yang mendukung dan menghambat dalam mengembangkan kosakata anak di TK Muslimat NU Banyubiru meliputi 3 hal yaitu: diri sendiri, dirumah dan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode, Bercerita, Mengembangkan, Kosakata, Anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:26
Last Modified: 22 Apr 2019 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum